• 21 July 2024

Tips Menjaga Kebersihan Kandang Kelinci

Dibutuhkan kandang kering yang berlubang, bisa menggunakan kawat galvanis atau jenis lainnya sama saja yang penting jenis berlubang,”

JAKARTA – Menjaga kebersihan kandang tentu menjadi keharusan dalam beternak. Sebab, hewan ternak dapat merasa aman dan nyaman di lingkungan yang bersih, bahkan orang yang ingin membeli hewan peliharaan pun mencari yang bersih. Lingkungan kotor menandakan hewan tidak dirawat dengan baik, sehingga saat beternak salah satu hal yang harus diperhatikan ialah kebersihan kandang.

Baca juga : Tips Pakan Kelinci Berkualitas

Seperti Rizky Halim, pemilik peternakan kelinci impor memberikan tips menjaga kebersihan kandang kelinci. “Jaga kelembapan kandang supaya kandang bersih dengan cara kotorannya turun pipisnya turun. Jadi alas kandang kelinci itu harus berlubang jangan rapat. Pemberian rumput sintesis di dalam kandang kelinci itu tidak sehat,karena kotorannya tidak akan turun jadi, akan keinjak lagi jadi penyakit dan kejilat lagi jadi penyakit,” ucapnya kepada Jagadtani.id, saat ditemui di peternakan miliknya yang berlokasi di Kecamatan Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan.

Dibutuhkan kandang kering yang berlubang, bisa menggunakan kawat galvanis atau jenis lainnya sama saja yang penting jenis berlubang,” lanjut pria kelahiran tahun 1994 itu.

Baca juga : Waspadai Penyakit Berbahaya pada Kelinci

Selain memperhatikan pemilihan kandang, sahabat tani juga perlu mengganti sesering mungkin saat terdapat sisa pakan baik itu di pagi hari maupun sore hari. Selalu memperhatikan kebersihan wadah makanan dan minuman yang hendak diberikan kepada kelinci.

Membersihkan kandang, biasanya dilakukan setiap hari namun untuk membersihkan kotoran-kotoran yang menumpuk dilakukan seminggu sekali, karena kandang yang dibiarkan kotor akan memicu stres pada kelinci. Kelinci merupakan hewan relatif bersih, itulah mengapa kebersihan menjadi penting untuk pemeliharaan kelinci.

Baca juga : Dibalik Keutamaan Konsumsi Daging Kelinci

Perlu dicatat, saat hendak membersihkan kandang kelinci sebaiknya sahabat tani menyisakan satu area kecil untuk memberikan tanda bahwa tempat tersebut merupakan wilayahnya. Sebab, kelinci menandai wilayahnya dengan bau jika kita bersihkan seluruh rumput yang ada di dalam kandang dan menempatkan kelinci pada kandang tanpa bau yang dikenalnya maka ia akan stres.

Pada saat membersihkan kandang, sahabat tani dapat mengecek kondisi kesehatan kelinci dengan cara memperhatikan jumlah pakan yang dimakan serta bentuk kotorannya. Sehat ataupun sakitnya kelinci dapat dilihat dari bentuk kotoran yang dikeluarkannya. “Bentuk kotoran kelinci sehat itu bulat sedangkan kalau kelinci sakit bentuknya cair,” tutupnya.

Related News