• 18 July 2024

4 Fakta Unik Kelinci

Banyak orang berpendapat kalau kelinci jangan dikasih minum kalau dikasih bisa mati, itu salah 100 persen salah,”

JAKARTA – Kelinci merupakan hewan peliharaan pilihan yang lucu dan menggemaskan. Berasal dari keluarga Liporidae, kelinci tidak hanya dijadikan hewan peliharaan namun bisa juga dijadikan hewan ternak. Selain itu, kelinci juga dimanfaatkan dagingnya untuk dikonsumsi. Meski belum banyak diketahui masyarakat Indonesia, daging kelinci sering dimanfaatkan untuk kesehatan.

Baca juga : Porang Ubah Nasib Para Pengangguran

Sifatnya yang unik seringkali membuat pemiliknya bingung dan mebutuhkan waktu yang cukup lama untuk beradaptasi dengan hewan jenis satu ini. Terkadang, ia bisa terlihat ramah dan aktif, namun disisi lain akan menunjukkan sifat pemalasnya. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut, berikut fakta-fakta menarik kelinci yang telah dirangkum versi Jagadtani.id!

Kelinci membutuhkan Air minum

Selain makan, kelinci juga perlu minum untuk melengkapi nutrisi mineral dalam tubuhnya. Menurut Rizky Halim, pemilik Rizky Halim Rabbitry banyak orang yang belum tahu bahwa kelinci juga membutuhkan minum seperti hewan lain pada umumnya. “Banyak orang berpendapat kalau kelinci jangan dikasih minum kalau dikasih bisa mati, itu salah 100 persen salah. Semua makhluk hidup hewan dan tumbuhan itu butuh air itu sebabnya kelinci butuh minum,” ucap Rizky kepada Jagadtani.id, saat ditemui di kandang peternakan miliknya yang berlokasi di Kecamatan Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan.

Baca juga : Memanfaatkan Kolam Ikan untuk Hidroponik

Wortel bukan Makanan Pokok Kelinci

Wortel biasanya menjadi makanan favorit kelinci di film kartun. Namun, sebenarnya kelinci membutuhkan makanan pokok yang bernutrisi serat dan protein seperti pelet dan rumput kering. “Makanan pokok kelinci itu rumput hay, dan jenisnya banyak sesuai kebutuhan nutrisi kelinci, ada yang kandungannya serat, protein. Karena kelinci membutuhkan keduanya jadi saya menggunakan rumput hay timothy yang mengandung serat dan untuk kebutuhan proteinnya menggunakan pelet,” terang pria asli darah Jawa ini.

Kelinci mampu melihat hampir 360 derajat

Sahabat tani, tentu penasaran dengan letak mata kelinci yang berada di samping kepalanya. Posisi tersebut berguna untuk memudahkan kelinci melihat keadaan disekitarnya, lho. Itu sebabnya sahabat tani tidak akan mudah menangkap kelinci. Kedua matanya menjadi pengawas saat bahaya datang mendekat.

Baca juga : Tips Menjaga Kebersihan Kandang Kelinci

Lompatan tinggi Kelinci

Kelinci merupakan hewan lucu dan menggemaskan yang banyak dipelihara. Sebab, selain menggemaskan ia juga mampu melompat tinggi sekitar 90 sentimeter. Bahkan, telah diadakan beberapa kompetisi khusus kelinci yang menilai kelincahan dan gerak tubuh kelinci. Dari berbagai jenis kelas lomba, tinggi lompatannya menjadi ukuran kompetisi. Untuk itu, jika sahabat tani ingin melatih kelinci agar pintar melompat sebaiknya dibiasakan untuk melakukan lompatan setinggi 5-10 sentimeter sejak kecil. Karena, jika sudah terbiasa melompat maka kelinci akan dengan mudah melompat tinggi.

Related News