• 20 April 2024

Rahasia Agar Kerang Tetap Segar

“Dengan cara ini, hasilnya saat kerang sampai disana, kualitas kerang masih segar. Kerang memang mati tapi tidak bau dan masih aman untuk dikonsumsi,”

Makanan laut memiliki penggemar tersendiri, salah satunya adalah kerang. Kerang memang paling enak dikonsumsi apabila diolah saat masih dalam keadaan segar. Jika terlalu lama disimpan, akan timbul bau kerang yang tak diinginkan. Bahkan rasanya pun sudah tak seenak saat daging kerang masih segar. Kualitas kerang yang paling baik adalah jika kondisinya masih hidup ketika Sahabat tani membelinya.

Namun jangan khawatir, ada beberapa tips yang bisa sahabat tani coba agar kualitas daging kerang tetap segar dan tahan lama meskipun kerang disimpan selama berhari-hari.

Untuk mengawetkan kerang agar tetap segar, Agus salah satu penjual kerang di Kamal Muara menjelaskan, pertama sahabat tani perlu menempatkan kerang di dalam wadah tertutup. Menurut Agus, sebaiknya, hindari kerang dari terkena cahaya matahari secara langsung. Bila tidak segera dimakan, kerang sebaiknya langsung disimpan di dalam kulkas.

“Kemudian kerang bisa tahan lama apabila di bekukan kedalam freezer. Bekukan kerang karena kondisi beku ini akan membuat daging kerang tetap segar dan tidak menimbulkan bau,” ujar Agus saat ditemui oleh reporter Jagadtani.Id di pesisir Pantai Muara Kamal, RT 04 RW 04, Kamal Muara, Kecamatan Penjaringan, Kota Jakarta Utara, Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Baca juga: Prospek Bisnis Pembesaran Kerang Dara

Dengan mengonsumsi seafood, termasuk kerang hijau minimal 1-3 kali per bulan dapat mencegah terjadinya serangan stroke iskemik. Dan apabila sahabat tani mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega 3 setiap hari, misalnya kerang, risiko terjadinya penyakit jantung koroner akan menurun secara signifikan.

Lebih lanjut Agus mengatakan, kerang yang sudah dibekukan ini mampu bertahan lama sehingga kesegaran kerang masih tetap terjaga.

“Kalau beku, bahkan tak hanya awet sampai berhari-hari, bisa awet sampai seminggu dan bahkan dua minggu,” tambah pria asli daerah Priuk tersebut.

Baca juga: Ikan Hias Bali Jadi Primadona

Tak hanya itu, menurut nelayan kerang lainnya, Hendra, membekukan kerang didalam freezer cukup ampuh. Dirinya bahkan berhasil ekspor kerang ke Dubai dengan kualitas kerang yang masih tetap segar selama masa pengiriman.

“Saya pernah ekspor kerang ke Dubai sebanyak 1 ton dengan cara membekukan semua kerang tersebut. Dengan cara ini, hasilnya saat kerang sampai disana, kualitas kerang masih segar. Kerang memang mati tapi tidak bau dan masih aman untuk dikonsumsi,” ungkap Hendra, salah satu nelayan Kerang di Kamal Muara.

Adapun sebelum sahabat tani hendak memasukan kerang kedalam freezer, sahabat tani perlu memasukan kerang kedalam plastik, kemudian mengikatnya menggunakan karet.

“Pakai plastik ditutup dengan sangat rapat dan padat agar cangkangnya tidak terbuka. plastiknya ukuran 5 kilogram hingga plastik berukuran 10 kilogram,” tutupnya.

Baca juga: Aglaonema Kembali Naik Daun

Related News