• 4 May 2024

Lawan Hama dengan Pestisida Nabati

uploads/news/2021/09/lawan-hama-dengan-pestisida-6721462ca4f0e19.jpeg

Semakin hari, kesadaran manusia akan pentingnya kesehatan semakin tinggi, apalagi dengan adanya pandemi covid-19. Betapa tidak, bermacam-macam penyakit yang aneh bermunculan. Hal ini mulai menyadarkan masyarakat tentang pentingnya mengonsumsi makanan sehat tanpa campuran bahan berbahaya.

Produksi pertanian saat ini menawarkan pada teknologi produksi yang lebih akrab lingkungan dan menjamin kesehatan jangka panjang bagi masyarakat. Para petani yang sangat berperan penting terhadap kebutuhan pangan masyarakat mulai banyak yang menerapkan konsep pertanian ramah lingkungan, tentunya dengan menggunakan bahan yang relatif murah dan peralatan yang relatif sederhana tanpa meninggalkan dampak yang negatif bagi lingkungan.

Salah satu cara yang diambil para petani adalah dengan menggunakan pestisida nabati. Pestisida nabati dalah pestisida yang bahan aktifnya berasal dari tanaman atau tumbuhan dan bahan organik lainya yang berkhasiat mengendalikan serangan hama pada tanaman. Pestisida ini tidak meninggalkan residu yang berbahaya pada tanaman maupun lingkungan serta dapat di buat dengan mudah menggunakan bahan yang murah dan peralatan yang sederhana.

“Di kebun kami juga menggunakan pestisida nabati, kami sama sekali tidak pernah menggunakan pestisida kimia,” ujar Rennita, salah satu petani hidroponik yang di berlokasi di jalan Raya Cifor no. 03 RT 03 RW 02, Kelurahan Situgede, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Baca juga: Hidroponik Tepis Stigma Negatif

Lebih lanjut, wanita lulusan manajemen bisnis ini menjelaskan, menggunakan pestisida nabati dinilai sangat aman digunakan sebagai salah satu alternatif pengendalian serangga hama tanaman. Proses pembuatannya pun tidak sulit. Petisida ini dibuat dengan menggunakan bahan baku yang mudah ditemui. Beberapa bahan pestisida yang ia gunakan untuk kebunnya adalah bawang putih, pepaya, sirsak dan masih banyak lagi.

Kata Rennita, sahabat tani bisa cek tanaman yang berpotensi sebagai bahan pestisida, diantaranya memiliki ciri beraroma kuat, rasa yang pahit, tidak disukai serangga hama, dan dapat digunakan sebagai tanaman obat.

Tak kalah dengan pestisida kimia, Rennita mengatakan, penggunaan pestisida nabati ampuh untuk mencegah serangga memakan tanaman, menghambat reproduksi serangga, mengacaukan sistem hormon di dalam tubuh serangga, dan mengendalikan pertumbuhan jamur dan bakteri.

“Karena waktu itu saya pernah punya pengalaman, seluruh lubang pot tanaman saya yang berjumlah 10.000 pot ini, pernah diserang hama secara besar-besaran. Kemudian untuk mengatisipasi kedepannya, saya gunakan pestisida nabati,” jelas ibu dari tiga anak itu.

Rennita juga mengatakan, dengan menggunakan pestisida nabati, lingkungan lebih aman dan konsumen lebih sehat dalam mengonsumsi sayur-sayuran dari kebunnya.

“Dan tentu tujuan paling utamanya, agar semua orang yang membeli di kebun RH Farm sehat, karena sayur-sayur disini bebas dari pestisida kimia,” tutupnya.

Baca juga: Mengintip Tren Koleksi Tanaman Hias

Related News