• 24 February 2024

Peluang Besar Budidaya Ikan Gabus

uploads/news/2021/09/budidaya-ikan-gabus-usaha-84959486fc3c371.jpg

Ikan gabus memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Sebagai ikan konsumsi, ikan ini kaya akan gizi dibandingkan dengan ikan jenis lain.

Usaha budidaya ikan gabus makin diminati seiring dengan tingginya permintaan pasar. Selain mudah dalam perawatan, ikan ini juga berkhasiat untuk kesehatan. Peluang bagus ini tak disia-siakan oleh Windarto (45), petani milenial asal Desa Sapen, Kecamatan Manisrenggo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Usaha budidaya ikan gabus dilakukan dengan memanfaatkan aliran air sungai yang berada di belakang rumahnya. Di masa pandemi covid-19 ini, usaha budidaya ikan gabus yang baru dirintis beberapa bulan itu cukup membantu mencukupi kebutuhan ekonomi keluarga. Dipilihnya budidaya ikan gabus karena usaha ini memiliki peluang yang cukup menjanjikan, terlebih permintaan di pasaran cukup tinggi.

"Ini kita budidaya ikan gabus. Jadi kita berusaha mengikuti permintaan pasar di dunia perikanan. Jadi kita berusaha untuk menyediakan pasokan ikan gabus," ujar Windarto, Senin (13/9/2021).

Baca juga: Ikan Hias Bali Jadi Primadona

Menurutnya, tingginya permintaan pasar ini karena ikan gabus memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Sebagai ikan konsumsi, ikan ini kaya akan gizi dibandingkan dengan ikan jenis lain.

"Ikan gabus ini banyak yang mengetahui tentang manfaatnya untuk kesehatan. Utamanya untuk pengobatan pasca operasi dan juga untuk pengobatan yang lain," ujarnya.

Selama ini, Windarto mengaku menjual hasil panen ikan gabus ke wilayah Yogyakarta. Untuk harga bibit sekitar Rp 700 - Rp 1000 per ekor. Sedangkan usia dewasa dan siap konsumsi harganya Rp 65.000 per kilogram.

Baca juga: Jenis Ikan Air Tawar Nokturnal

Salah satu konsumen ikan gabus, Agnes (36) asal Klaten, mengaku telah lama mengkonsumsi ikan gabus karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

"Saya suka banget sama ikan gabus, karena sangat besar sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh, terutama untuk penyembuhan luka, penyembuhan setelah pasca operasi, dan untuk memperkuat imun," ujarnya.

Baca juga: Hukuman Bagi Pelaku Pengeboman Ikan

Related News