• 27 April 2024

Sulap Sampah Organik jadi Eco-Enzyme

uploads/news/2021/09/sulap-sampah-organik-jadi-71192381628fa0f.jpeg

Eco enzyme merupakan produk ramah lingkungan yang mudah digunakan dan memiliki banyak sekali manfaat.

Pengelolaan dan penanganan sampah harus dilakukan oleh seluruh elemen masyarakat. Sayangnya, masih banyak masyarakat yang belum menyadari bahwa ada banyak sekali cara untuk mengatasi permasalahan sampah. Salah satu alternatif pengolahan sampah organik yang sering ditemui adalah membuat sampah organik menjadi pupuk kompos. Namun, ada alternatif lainnya yang bisa sahabat tani coba manfaatkan yaitu dengan membuat eco enzyme. Pengelolaan sampah organik agar tidak merusak lingkungan telah menjadi perhatian para pencinta lingkungan.

Nah sahabat tani, untuk membuat eco enzyme ini cukup mudah. Dari sisa-sisa sayuran dan buah-buahan yang sudah tidak terpakai kemudian campurkan dengan gula merah, dan campuran air, nantinya akan tercipta produk eco enzyme. Eco enzyme merupakan produk ramah lingkungan yang mudah digunakan dan memiliki banyak sekali manfaat.

“Membersihkan kompor dan area dapur, mencuci piring dan pakaian, mengepel lantai. Jika pembuatan eco enzyme menggunakan kulit buah-buahan yang segar, produk ini juga dapat menghilangkan pestisida dan insektisida pada sayur-sayuran dan buah-buahan,” terang Umi Tutik, pembuat produk Eco Enzyme di Bank Sampah Budi Luhur.

Baca juga: Membuat Cairan Ajaib dari Sampah

Lebih lanjut, Umi Tutik menambahkan, “Rendam sayur dan buah-buahan dalam baskom selama 45 menit,” tambahnya.

Jenis sampah organik yang diolah menjadi eco enzyme hanya sisa sayur atau buah yang mentah. Nantinya, dari hasil fermentasi tersebut, akan menghasilkan alkohol dan asam asetat.

“Eco enzym ini juga dapat bermanfaat untuk menghilangkan minyak, bau kotoran, noda, membersihkan kuman,” jelasnya.

Baca juga: Rekor Olah Sampah jadi Bermanfaat

Proses fermentasi akan berlangsung selama 3 bulan. Pada awalnya, dari hasil fermentasi akan menghasilkan alkohol. Kemudian pada bulan kedua akan menghasilkan cuka dan pada bulan ketiga menghasilkan enzyme. Pada bulan ketiga, sahabat tani sudah bisa mengakat hasil fermentasi eco enzyme. Caranya adalah dengan menyaring menggunakan kain yang sudah tidak terpakai atau baju juga bisa digunakan untuk saringan.

“Selain itu, manfaat dari eco enzyme juga dapat digunakan sebagai obat kumur dan gosok gigi. Untuk menyegarkan mulut, mencegah peradangan gusi dan timbulnya sariawan,” tutupnya.

Baca juga: Budidaya Cacing Tanah Untung Berlimpah

Related News