• 24 July 2024

Begini Cara Memelihara Landak Mini

uploads/news/2021/09/begini-cara-memelihara-landak-477038dacd3d711.jpg

Tidak hanya anjing dan kucing, hewan mungil berduri ini ternyata juga bisa dilatih untuk tidak buang air dengan sembarangan.

Belakangan ini, memelihara landak mini menjadi salah satu tren yang mulai digemari oleh para pencinta binatang. Hewan kecil berduri namun menggemaskan ini, disebut juga sebagai hewan nokturnal yang aktif di malam hari dan tidur saat siang hari.

Sebelum sahabat tani memutuskan untuk memelihara landak mini, sahabat tani perlu tahu terlebih dahulu jenis landak yang dipelihara dan bagaimana cara perawatannya yang tepat.

Ada beberapa jenis landak mini yang perlu sahabat tani ketahui, yaitu landak mini Pinto, landak mini Salt and Pepper, landak mini Charcoal, landak mini Albino, landak mini Silver, landak mini Apricot, landak mini Oak Brown dan masih banyak lagi.

Baca juga: Menilik Peternakan Kelinci di Ciputat

Setelah menentukan jenis landak mini yang sesuai dengan pilihan, sahabat tani perlu untuk mengenali karakteristik dari jenis yang telah dipilih. Hal ini agar sahabat tani lebih cepat mengetahui solusi yang harus dilakukan ketika mengalami masalah dengan landak mini yang sahabat tani rawat.

Untuk sahabat tani yang masih pemula dalam perawatan landak mini, House of Hedhogie akan memberikan tips mudah merawat landak mini bagi pemula.

“Untuk pelihara landak mini relatif gampang. Kalau untuk pemberian makan landak sehari dua kali pun cukup yaitu saat pagi dan malam,” katanya kepada reporter Jagadtani.Id melalui pesan singkat.

Baca juga: Gemasnya Memelihara Landak Mini

Jika sahabat tani memelihara landak mini yang baru saja lahir, nantinya landak mini yang masih berumur beberapa bulan akan mengalami fase rontok duri. Duri yang awalnya lunak, nantinya akan berganti menjadi duri yang lebih kuat.

“Sebaiknya landak mini di bersihkan atau perawatan mandinya itu setiap 2-3 minggu sekali. Lalu jangan lupa ganti serbuk kayu yang ada di kandangnya setiap seminggu sekali,” tambahnya lagi.

Baca juga: Landak, Musuh Petani Gunungkidul

Tidak hanya anjing dan kucing, hewan mungil berduri ini ternyata juga bisa dilatih untuk tidak buang air dengan sembarangan, loh.

“Sahabat tani tidak perlu khawatir si landak ini akan poop sembarangan, karena kita bisa juga melatih landak-landak mini ini untuk tidak poop sembarangan. Dan juga landak ini hewan yang tidak mudah stress. Dia bahkan seperti ikan cupang. Hidup sendiri pun tidak masalah,” tutupnya.

Baca juga: Pelepasliaran 30 Landak Jawa

Related News