• 29 April 2024

Pertanian Indonesia Sejahtera Berlandaskan Pancasila

uploads/news/2021/10/pertanian-indonesia-sejahtera-berlandaskan-99535fe84afdf27.JPG

Pancasila sebagai falsafah serta pusaka bangsa ini, harus terus menyala di hati kita dalam setiap perbuatan kecil maupun perbuatan besar yang bisa kita lakukan untuk kepentingan sesama.

Kita mengenal Pancasila sebagai falsafah negara kita, ideologi bangsa kita. Namun apa arti dan makna pancasila bagi seorang petani dalam bidang pekerjaannya?

Dalam rangka Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, pada tanggal 1 Oktober 2021, menilik balik sejarah Indonesia, betapa besar pengorbanan nenek moyang untuk bangsa ini dan bila kita lihat dengan seksama, kita bisa menyadari bahwa Kesaktian Pancasila terus mendarah daging hingga ke masa kini.

Jika Sahabat Tani melihat sekeliling dengan lebih peka dan teliti, kita bisa melihat begitu banyak pahlawan Pancasila yang menyalakan lilin-lilin kemanusiaan di lingkungannya masing-masing.

Di masa sulit pandemi seperti saat ini, kita melihat pancasila menerangi langkah setiap lapisan masyarakat. Pangan yang semestinya terasa sulit di masa pandemi, melalui petani kebutuhan pangan kita tetap terpenuhi baik itu makanan pokok, buah-buahan, sayur-sayuran dan masih banyak lagi.

Baca juga: Milenial dan Masa Depan Pertanian

Lilin Pancasila terlihat menyala dalam pengorbanan para petani yang masih terus memproduksi segala kebutuhan pangan masyarakat. Menanam, memupuk, merawat lalu menuai hasilnya yang kemudian di sebarkan untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat agar tetap sehat dan tetap memiliki imunitas tubuh yang kuat di masa krisis seperti saat ini.

Pemerintah Indonesia bersama seluruh elemen masyarakat lainnya diharapkam dapat terus berusaha membangun dan menguatkan karakter bangsa Indonesia dari nilai-nilai pancasila agar menjadi bangsa yang mandiri di era global, khususnya dalam bidang pertanian.

“Pada saat ini, sebenarnya sudah ada banyak sekali program, kegiatan atau kolaborasi dari berbagai stakeholder baik itu antara pemerintah, NGO (Non Governmental Organization), LSM. LSM dan NGO juga tidak hanya dari dalam negeri, tapi dari luar negeri juga. Dan juga ada NGO lokal yang berkolaborasi dan bersinergi untuk mengembangkan dan memperhatikan nasib masyarakat pada bidang pertanian,” tutur Sosiolog Perempuan dan Pertanian, Dr. Eko Wahyono, S.Sos, M.Si kepada Jagadtani.id.

Baca juga: Petani Perempuan di Hari Kartini

Peringatan hari pancasila ini untuk mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan serta dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur Ideologi Pancasila. Bangsa Indonesia khususnya para petani dapat menuai kesejahteraan sesuai yang diharapkan dan dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pancasila sebagai falsafah serta pusaka bangsa ini, harus terus menyala di hati kita dalam setiap perbuatan kecil maupun perbuatan besar yang bisa kita lakukan untuk kepentingan sesama.

Baca juga: Hari Tani di Tengah Pandemi

Selamat hari Kesaktian Pancasila, Sahabat Tani.

 

Related News