• 29 March 2024

Mengonsumsi Air Kelapa saat Haid

Kandungan elektrolit, vitamin, dan juga mineral yang ada di dalam air kelapa, justru menjadi salah satu minuman paling menyehatkan yang bagus untuk Sahabat Tani konsumsi.

Banyak sekali mitos yang beredar tentang apa saja makanan dan minuman yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi saat sedang haid. Mitos lainnya mengatakan, mengonsumsi air kelapa dapat membuat aliran darah semakin deras dan membuat keputihan. Bahkan, 2019 lalu sempat beredar berita bohong yang mengatakan mengonsumsi air kelapa termasuk pemicu besar pendarahan pada perempuan, terutama saat sedang datang bulan. Betulkah demikian?

Menurut Dr. Fina Purwaningtyas, dokter umum dan Direktur dari RSIA Permata Hati Malang, Jawa Timur, tak ada larangan minum air kelapa saat haid. Kata Fina, mengonsumsi air kelapa dapat menyebabkan keputihan dan pemicu pendaharan hanyalah mitos belaka.

“Kalau untuk mengonsumsi air kelapa boleh saja, sejauh ini tidak apa. Tidak ada efek khusus saat mengonsumsi air kelapa. Jadi, efek menyebabkan keputihan dan pendarahan dari air kelapa itu hanya mitos,” katanya kepada Jagadtani.id melalui pesan singkat.

Baca juga: Air Kelapa Tingkatkan Imunitas Tubuh

Kandungan elektrolit, vitamin, dan juga mineral yang ada di dalam air kelapa, justru menjadi salah satu minuman paling menyehatkan yang bagus untuk Sahabat Tani konsumsi. Artinya, tidak ada anjuran khusus maupun larangan mengonsumsi air kelapa saat perempuan sedang datang bulan.

“Mengonsumsi air kelapa saat haid itu kalau disarankan tidak juga ya, namun boleh saja bila mengonsumsinya saat sedang haid karena kandungan air didalamnya cukup banyak. Artinya, saat datang bulan itu yang dianjurkan adalah perbanyak minum air putih, kurangi konsumsi garam dan juga hindari makanan pedas,” tambahnya.

Baca juga: Manfaat Sebenarnya dari Air Kelapa

Ketika haid, banyak darah yang dikeluarkan oleh tubuh. Maka, banyak sekali perempuan yang merasakan tubuh tak bertenaga dan merasa lesu saat datang bulan. Untuk itu, tubuh memerlukan banyak kandungan air dengan cara mengonsumsi banyak air putih atau bisa juga mengonsumsi air kelapa karena kandungan elektrolit dalam air kelapa dapat membantu menghidrasi tubuh.

Alumnus Universitas Brawijaya ini juga menjelaskan, “Untuk larangan makanan pedas, alasannya karena biasanya sering menyebabkan gangguan pencernaan. Kaitannya dengan perempuan yang sedang ‘kedatangan tamu’ ini adalah nantinya bisa menimbulkan nyeri atau bisa juga timbul penyakit maag dari pedas itu,” jelasnya.

Ketika sedang datang bulan, hormon prostaglandin lebih aktif dan lebih rentan. Sehingga, dapat menyebabkan kontraksi otot rahim. Jika hormon ini semakin meningkat, maka akan timbul nyeri atau kram perut. Untuk itu, penting sekali mempertimbangkan apa saja makanan dan minuman yang sebaiknya dikonsumsi saat sedang haid.

“Selain air kelapa, saran buah yang bagus untuk dikonsumsi saat haid itu adalah buah apel, pisang, pir, jeruk dan buah naga. Buah-buahan tersebut bagus untuk memperlancar haid atau menstruasi,” tutupnya.

Baca juga: Cegah Dehidrasi, Perbanyak Konsumsi Mineral

Related News