• 29 March 2024

Obat Alami Jika Kambing Sakit

uploads/news/2021/10/obat-alami-jika-kambing-7241551d82f8dce.jpg

"Obatnya kalau kembung bisa kita pakai asam jawa dan gula merah, itu bisa sembuh dalam waktu satu jam kurang lebih. Bisa juga pakai minyak sayur. Cara tahu nya dia sakit itu ketahuan dari pola makannya yang berkurang terus dan jadi lemas enggak bergairah"

Bagi sebagian besar peternak pemula, untuk mengobati kambing yang sakit sering mengalami kesulitan. Ini kemungkinan karena belum mengetahui jenis obat yang ingin dibeli dan harga obat yang terlalu mahal, sehingga sulit terjangkau oleh peternak. Untuk mengatasi hal tersebut, perlu dicari alternatif lain yaitu dengan menggunakan obat tradisional yang ada dan dapat mudah dilakukan peternak serta harganya murah.

Namun demikian usaha pencegahan juga perlu dilakukan dengan menjaga kebersihan ternak dan lingkungannya, pemberian pakan yang cukup (kualitas dan kuantitas), bersih dan tidak beracun. Tips bagi Sahabat Tani untuk mengatasi berbagai penyakit yang sering menyerang kambing melalui pengobatan tradisional.

Baca juga: Toggenburg, Kambing Swiss Puluhan Juta

Pengobatan penyakit menggunakan obat-obatan tradisional perlu lebih banyak mendapat perhatian karena sebenarnya di sekitar kita pun terdapat banyak bahan alami. Efektivitas obat -obatan tradisional yang tercantum di bawah ini sebagian besar berdasarkan pengalaman dan informasi di antara petani-peternak dipedesaan.

Meski demikian, usaha pencegahan juga perlu dilakukan dengan menjaga kebersihan ternak dan lingkungannya, pemberian pakan yang cukup (kualitas dan kuantitas), bersih, dan tidak beracun. Lutfi (25) salah satu peternak kambing yang bekerja di Wahyu Farm Pamulang memberikan tips kepada Sahabat Tani mengenai obat alami mengatasi berbagai penyakit pada kambing. Pertama, kenali penyakitnya terlebih dahulu.

“Penyakit kambing itu paling ya gatal karena cuaca panas seperti ini, terus pilek kedinginan. Agak sulit itu, kalau sudah terkena penyakit kembung. Kalau enggak cepat ditangani bisa sampai lewat (mati),” jelasnya kepada Jagadtani.id belum lama ini.

Baca juga: 11 Langkah Merawat Kambing Lucu

Penyebab kambing mengalami kembung, menurut Lutfi, biasanya berasal dari makanan yang banyak mengandung gas seperti daun singkong, kacang-kacangan. Pria yang memang hobi beternak kambing ini juga sangat paham bila salah satu kambingnya mulai terjangkit penyakit yang lumayan serius dan harus segera diobati.

“Obatnya kalau kembung bisa kita pakai asam jawa dan gula merah, itu bisa sembuh dalam waktu satu jam kurang lebih. Bisa juga pakai minyak sayur. Cara tahu nya dia sakit itu ketahuan dari pola makannya yang berkurang terus dan jadi lemas enggak bergairah,” ujar Lutfi.

Jika kambing mengalami diare Sahabat Tani juga bisa memberinya ketela pohon yang dipanggang sampai hangus. “Kalau kambing diare bisa bakar lima butir biji pinang kemudian ditumbuk halus dan dicampurkan dengan dua gelas air, diminumkan pada ternak dua kali sehari,” Tutupnya.

Baca juga: Texel, Domba Super Asal Belanda

Baca juga: Rahasia Tersembunyi Daging Sapi Bali

Related News