• 28 April 2024

Tren Keramas Menggunakan Kopi

uploads/news/2021/10/tren-keramas-menggunakan-kopi-402963e434017c5.jpg

“Kalau benar atau tidaknya mencuci rambut menggunakan kopi seperti yang ada di viral TikTok itu, sebetulnya bisa. Hanya saja yang dikatakan atau bisa digunakan itu ampas kopinya ya”

Menjaga kesehatan dan keindahan rambut tentu sangat penting dilakukan oleh semua orang. Kegiatan seperti mencuci rambut secara rutin, bagus untuk tetap menjaga kesehatan rambut agar selalu ternutrisi dengan baik sehingga rambut sehat dan berkilau.

Nah untuk merawat kesehatan rambut, Sahabat Tani bisa melakukannya sendiri di rumah, apalagi di masa pandemi seperti saat ini. Baru-baru ini, ada konten viral di platform video musik TikTok yang menyebutkan bahwa mencuci rambut atau keramas dengan kopi bisa mengatasi rambut rontok, loh. Benarkah keramas dengan kopi bisa mengatasi masalah rambut rontok?

Dr. Ari Afandi, dokter umum di RS Mitra Keluarga Cikarang, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat, mengkonfirmasi kebenaran dari informasi viral tersebut.

“Kalau benar atau tidaknya mencuci rambut menggunakan kopi seperti yang ada di viral TikTok itu, sebetulnya bisa. Hanya saja yang dikatakan atau bisa digunakan itu ampas kopinya ya,” ungkap alumnus Universitas YARSI 2012 itu kepada Jagadtani.id melalui pesan singkat.

Baca juga: Surga Kopi Arabika di Cianjur

Rambut rontok memang sudah jadi masalah yang umum dirasakan oleh setiap orang seiring bertambahnya usia, baik dirasakan oleh pria maupun wanita. Dengan keramas menggunakan ampas kopi, bisa mengurangi kerontokan rambut dan mampu meningkatkan pertumbuhan rambut kembali. Kafein yang terkandung didalamnya, memberikan efek pertumbuhan pada folikel rambut pria dan wanita.

Baca juga: Kopi Papua dari Pegunungan Bintang

Tak hanya itu, jika folikel rambut sangat lemah maka rambut bisa mengalami kerontokan yang tidak normal. Akibatnya, Sahabat Tani bisa saja mengalami kebotakan. Untuk itu, ampas kopi bisa membantu meningkatkan pertumbuhan agar folikel rambut bisa tumbuh lebih kuat dan tebal. Jadi, bila Sahabat Tani memiliki masalah dengan rambut rontok, keramas pakai kopi mungkin bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasinya.

“Ampas kopi untuk keramas ini baik digunakan setiap dua kali dalam seminggu,” tambahnya.

Baca juga: Kopi Termahal dari Kotoran Gajah

Namun, kata Ari, penggunaan ampas kopi dinilai kurang efektif. Selain keramas menggunakan ampas kopi, penggunaan lidah buaya dan minyak kemiri bisa jadi alternatif pengganti ampas kopi. Keduanya sama-sama bagus untuk mengatasi rambut rontok dan meningkatkan kesehatan rambut.

“Kekurangannya, hanya saja penggunaan ampas kopi untuk keramas ini lebih ribet aja cara mencucinya, karena itu kan bubuk ya. Kalau lidah buaya atau minyak kemiri kan cairan, jadi lebih efisien,” tutupnya.

Baca juga: Kopi Baru untuk Pencinta Vespa

Related News