• 29 April 2024

Fakta Makan Durian saat Hamil

uploads/news/2021/10/fakta-makan-durian-saat-56812f310bfaa17.jpg

“Dianjurkan sebelum mengonsumsi durian, pastikan sudah makan terlebih dahulu”

Durian (Durio zibethinus) merupakan buah tropis yang tumbuh subur di wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Ada beberapa orang mungkin tidak suka dengan durian, namun banyak juga orang yang gemar mengonsumsi buah yang manis dan berbau khas ini, salah satunya disukai oleh ibu hamil yang sedang ngidam.

Beberapa orang mengatakan bahwa ibu hamil dilarang untuk mengonsumsi buah durian karena dapat mempengaruhi kesehatan janin. Hal ini membuat beberapa wanita jadi ragu untuk mengonsumsi buah durian saat sedang hamil. Lalu, apakah betul ibu hamil dilarang untuk mengonsumsi buah durian?

Dr. Ahmad Fauzi, dokter umum di RS Aqidah Kota Tangerang, Banten ini menjelaskan mengenai fakta dan kebenaran boleh atau tidaknya mengonsumsi buah durian bagi ibu hamil.

“Boleh saja ibu hamil mengonsumsi durian, asalkan di trimester 2 amannya. Dan dianjurkan sebelum mengonsumsi durian, pastikan sudah makan terlebih dahulu. Dan sebaiknya makan duriannya saat siang hari,” ungkapnya kepada Jagadtani.id melalui pesan singkat.

Baca juga: Fakta Ibu Hamil Mengonsumsi Nanas

Lebih lanjut alumnus Universitas Muhammadiyah Jakarta 2016 ini mengatakan, “bila mengonsumsi durian selain yang disarankan atau berlebihan, bisa mempengaruhi asam lambung yang meningkat. Takutnya bisa bikin mules di awal kehamilan,” katanya.

Baca juga: Mitos Makan Mentimun saat Haid

Faktanya, nutrisi yang terkandung didalam durian sangat baik untuk kesehatan ibu hamil. Durian kaya akan flavonoid yang bersifat antioksidan, vitamin B, folat, kalsium, fosfor, magnesium, zat besi, zinc, dan tembaga yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi untuk ibu hamil. Karbohidrat, gula, dan kalori yang ada didalam durian juga dapat menambah energi yang dibutuhkan.

Selain itu, durian mengandung folat yang cukup tinggi. Folat ini berperan penting bagi ibu hamil dan janin karena dapat menunjang pembentukan saraf, otak, dan tulang belakang janin, serta mencegah terjadinya cacat bawaan lahir pada bayi.

Baca juga: Rahasia Budidaya Durian di Polybag

Jadi kesimpulannya, boleh saja mengonsumsi buah durian bagi ibu hamil, asalkan jumlah durian yang dikonsumsi tidak berlebihan dan dikondisikan dengan masa kehamilannya. Selain itu, untuk mencukupi kebutuhan nutrisi saat hamil, perlu diimbangi dengan pola makan bergizi seimbang.

Baca juga: Tiga Jenis Durian Top Indonesia

Related News