• 29 March 2024

Pule, Tanaman Raksasa Berselimut Manfaat

"Penyakit seperti demam, penyakit kulit, dan gangguan pencernaan bisa diatasi oleh tonik yang dikandung pohon Pule"

Sahabat Tani yang sering jalan-jalan ke Monumen Nasional atau monas pasti sudah tidak asing lagi dengan pohon yang satu ini. Kawasan selatan Monas ditanami pohon baru jenis pule. Tak cuma sebagai peneduh dari teriknya cahaya matahari, rimbunnya pohon pule juga dipercaya memiliki segudang manfaat.

Pohon dengan nama latin Alstonia scholaris ini merupakan jenis tanaman keras yang umumnya hidup di Pulau Jawa dan Sumatra. Pule banyak dijumpai di kawasan terbuka, bersemak atau hutan campuran, hutan primer atau sekunder, hutan jati, atau pinggir ladang pada ketinggian 50-1.500 mdpl. Pule juga umumnya tumbuh di daerah dengan suhu tahunan rata-rata 12-32 derajat celcius.

Baca juga: Melihat Pohon Pelangi yang Memukau

Sebagai penghijauan, pohon pule banyak digunakan karena daunnya yang mengkilat, rimbun, dan melebar ke samping. Karakter yang dimiliki membuat pohon pule dapat memberikan kesejukan di tengah teriknya cahaya matahari. Dibalik bentuknya yang besar dan terlihat kokoh ternyata pohon pule memiliki segudang manfaat loh, Sahabat Tani.

Achmad Nasrullah, pembudidaya pohon pule yang memiliki Farm di Graha Bintaro, Pondok Aren, Tangerang Selatan menjelaskan secara lengkap apa saja khasiat dari pohon pule ini.

“Pertama, dari daunnya yang bisa dijadikan obat kuka untuk kulit, lalu bunganya bisa diekstrak menjadi minyak esensial untuk mengatasi gangguan pernafasan, kemudian getahnya bisa dijadikan obat bengkak pada tubuh,” ungkapnya saat ditemui Jagadtani.id.

Baca juga: Mangrove Lestarikan Pesisir Pantai

Pria yang akrab disapa Nasrul ini memang mengatakan, selain sebagai penghijauan, pohon ini juga dikenal sebagai 'obat herbal' sejak dahulu kala. “Pohon ini biasanya memang digunakan sebagai peneduh di perumahan atau jalan raya, tingginya bisa sampai 40 Meter digunakan untuk penghijauan karena memang daunnya lebat, mengkilap dan dapat memberi kesejukan,” ujar bapak dua anak itu.

Tak hanya sampai disitu, pohon pule ternyata merupakan salah satu jenis pohon kayu yang terbilang memiliki kemampuan dalam menyembuhkan beberapa penyakit pada tubuh manusia.

“Penyakit seperti demam, penyakit kulit, dan gangguan pencernaan bisa diatasi oleh tonik yang dikandung pohon Pule. Air rebusan dari kulitnya bisa digunakan meredakan diare dan nyeri menstruasi bagi kaum hawa. Akarnya juga bermanfaat untuk mengobati vertigo, menurunkan hipertensi dan insomnia,” tutupnya.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Bonsai Adenium

Related News