• 24 July 2024

Tips Memulai Bisnis Ayam KUB

“Tidak ada peternak yang kaya tanpa adanya peternakan dan penjualannya. Peternak susah untuk kaya jika dia tidak menguasai jiwa penjualan”

Salah satu usaha yang saat ini menjanjikan ialah beternak. Apalagi, usaha tersebut merupakan kebutuhan pangan masyarakat, sehingga disaat musim yang sulit sekalipun tetap memiliki peminat. Ayam kampung merupakan salah satu unggas favorit dijadikan santapan masyarakat Indonesia. Faktanya, ayam kampung sendiri memiliki beberapa jenis. Salah satunya, ayam kampung unggul balitnak (KUB).

Baca juga : Bisnis Manis Ternak Ayam KUB

Ayam KUB merupakan ayam hasil inovasi Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian. Dalam setahun, ayam KUB menghasilkan telur sebanyak 160-180 butir per ekornya. Baik daging maupun telurnya, ayam KUB diberi harga tinggi dibanding ayam kampung jenis lainnya. Sapta Pratama, peternak muda ayam KUB yang berlokasi di Desa Padurenan, Kecamatan Gunung Sindur, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat, memberikan tips bagi pemula yang ingin memulai usaha ternak ayam KUB.

“Modal awal untuk pemula, minimumnya satu pasang. Jika sudah siap ilmu dan uangnya, bisa mencoba langsung ke skala ratusan ayam. Setelah itu harus ada pengembangan seperti ayam itu harusnya bagaimana, terus penjualannya bagaimana dan kedepannya akan seperti apa, harus mempelajari itu semua,” ungkap pria yang akrab disapa Tama kepada Jagadtani.id, saat ditemui di peternakannya.

Baca juga : Rahasia Kandang Ayam Selalu Bersih

Lebih lanjut, Tama menjelaskan, “peternak itu jangan selalu berpikir kalau nanti saya pelihara ayam pasti ada yang ambil ayam saya sehingga penjualannya tidak dipikirkan, itu salah. Jadi kita harus menguasai peternakan dan penjualan,” tambahnya.

Dalam hal beternak, tentu tidak hanya berbicara tentang ternaknya saja, tapi sahabat tani juga perlu mempelajari cara penjualannya agar bisa mengetahui pemasukan dan pengeluaran yang dibutuhkan.

“Tidak ada peternak yang kaya tanpa adanya peternakan dan penjualannya. Peternak susah untuk kaya jika dia tidak menguasai jiwa penjualan,” tutur pria kelahiran 1994 ini.

Baca juga : Untung Besar Bisnis Ayam KUB

Baginya, untuk memulai bisnis ternak ayam KUB Sahabat Tani perlu menyediakan kandang, ilmu dan uang. Usahakan penempatan kandang di area yang tidak jauh dari rumah supaya pemilik tetap bisa mengawasinya. Untuk pembuatan kandang sebaiknya menggunakan bambu yang dipaku. Kandang harus tertutup rapat agar ayam tidak berkeliaran dan mengganggu tetangga dan agar hewan liar tidak bisa masuk.

Pemilihan indukan juga penting karena berpengaruh dalam menghasilkan telur dan anakan yang selanjutnya mudah dibudidayakan. Baik betina maupun jantan bisa dilihat dari fisiknya yang sehat dan tidak cacat.

Baca juga: Strategi Peternak Ayam Hadapi Pandemi

Related News