• 28 April 2024

Tips Mengatasi Bau Kandang Domba

“Untuk mengatasi kandang dari bau kotoran ternak disini, kalau saya biasanya semprot kandang menggunakan probiotik. Produk probiotik yang saya gunakan namanya EM4”

Memelihara ternak bagi sebagian orang tentu sangat mengasikkan, terutama mereka yang memang punya hobi memelihara ternak hewan. Memelihara ternak selain bisa menjadi hiburan sekaligus bisa untuk menambah hasil pendapatan keluarga jika dilakukan dengan baik dan benar. Namun, salah satu kendala dalam beternak adalah keberadaan kotoran hewan peliharaan yang menimbulkan bau tidak sedap.

Baca juga: Keunggulan Kandang Domba Bahan Kayu

Banyak peternak seringkali kebingungan mengatasi tajamnya bau kotoran ternak yang sangat menyengat hidung. Timbulnya bau kotoran ternak menjadi masalah yang bisa membuat peternak maupun para pengunjung jadi merasa tidak nyaman. Bahkan, akan menjadi masalah serius jika bau tersebut mengganggu masyarakat lain yang tinggal di sekitar kandang.

Baca juga: Mengenal Budidaya Ayam Joper

Penanganan kotoran ternak ini diperlukan bukan saja karena tuntutan sebuah lingkungan yang bersih dan nyaman, tetapi karena peternak penting untuk memperhatikan kualitas lingkungan, sehingga keberadaannya tidak menjadi masalah bagi masyarakat di sekitarnya. Untuk itu, upaya mengatasi bau kotoran ternak perlu penanganan yang tepat.

Menurut Bayu, peternak domba di daerah Bogor, salah satu cara alami dan bijaksana untuk menangani bau dari kandang domba adalah dengan menggunakan probiotik.

“Untuk mengatasi kandang dari bau kotoran ternak disini, kalau saya biasanya semprot kandang menggunakan probiotik. Produk probiotik yang saya gunakan namanya EM4,” ungkap Bayu, saat ditemui oleh Jagadtani.id di peternakannya yang berlokasi di Kampung Cikupa, Desa Sukaresmi, Kecamatan Suka Makmur, Bogor, Jawa Barat.

Baca juga: Bangkitnya Industri Sapi Perah Pasuruan

Pemilik dari Sumber Rachmat Rizky Farm ini mengatakan, probiotik EM4 ini sudah banyak beredar di pasaran dengan harga yang terjangkau. Mikroorganisme yang terkandung didalam produk EM4 ini mampu mengatasi bau yang ditimbulkan dari kotoran hewan ternak. “Biasanya kalau disini semprot probiotik setiap satu kali dalam seminggu,” kata bapak satu anak itu.

Baca juga: Texel, Domba Super Asal Belanda

Lebih lanjut, pria asli suku Jawa ini mengatakan, selain di semprotkan ke area sekitar kandang, probiotik ini juga bisa di semprotkan ke badan ternak. Untuk penggunaannya, Sahabat Tani bisa larutkan EM4 untuk peternakan dan molas kedalam air. Setelah dilarutkan, tutup rapat dan tunggu hingga 1-2 hari. Selanjutnya, Sahabat Tani bisa semprotkan larutan tersebut ke area kandang dengan dosis 1-10cc larutan dalam 1 liter air.

“Bau ada, tapi tidak menyengat. Saya meminimalisir tingkat kebauan, kebersihan. Karena kandang yang bersih itu akan nyaman untuk hewan ternaknya. Menjaga kenyamanan hewannya, tamunya juga. Kalau kandang sudah tidak nyaman, hewan juga berpengaruh,” tutupnya.

Baca juga: 11 Langkah Merawat Kambing Lucu

 

Related News