• 15 June 2024

Cara Mudah Merawat Pohon Pule

uploads/news/2021/10/cara-mudah-merawat-pohon-4313578a40e1ecb.jpg

"Kalau perawatan dia mudah sih, cuma karena pohonnya besar dan bobotnya berat jadi ya lebih ekstra, pupuknya lebih banyak dan penyiramannya juga banyak"

Kita semua tahu bahwa Indonesia merupakan salah satu negara tropis yang memiliki banyak sekali jenis pohon berbeda. Salah satu pohon yang cukup banyak ditemui di Indonesia adalah pohon pule. Pohon yang unik ini sering juga dipanggil sebagai pohon raksasa karena banyak sekali yang menganggap bahwa pohon ini sangat berbahaya bagi manusia dan hewan. Padahal kenyataannya, pohon pule memiliki banyak keajaiban dan manfaat yang baik bagi manusia.

Pohon pule merupakan salah satu tanaman yang memiliki batang keras dan menjadikannya sebagai salah satu tanaman favorit yang digunakan industri. Seperti yang dilansir dari Names of Trees, pohon yang banyak ditemui di negara-negara tropis ini bisa tumbuh tinggi hingga 20 meter dan memiliki ketebalan batang yang sangat bervariatif.

Baca juga: Melihat Untung Bisnis Pohon Pule

Achmad Nasrullah, pembudidaya pohon pule yang memiliki Farm di Graha Bintaro, Pondok Aren, Tangerang Selatan memberi tips khusus kepada Jagadtani.id bagaimana cara merawat pohon pule.

“Kalau perawatan dia mudah sih, cuma karena pohonnya besar dan bobotnya berat jadi ya lebih ekstra, pupuknya lebih banyak dan penyiramannya juga banyak. Tapi yang harus diperhatikan lagi adalah pohon pule ini kalau mau dibudidayakan, kita harus memiliki lahan yang luas agar mereka bisa tumbuh secara leluasa dan tidak terbatas, dan pohon pule ini tidak bisa di gabung dengan tanaman yang kecil-kecil seperti tanaman hias contohnya karena mereka membutuhkan matahari langsung dan pohon pule ini bisa menghalangi sinar mataharinya jadi tidak bisa disatukan,” jelas bapak anak dua itu.

Baca juga: Fakta Unik Tanaman Parijoto

Lebih lanjut, Nasrul mengatakan biaya yang ia keluarkan untuk perawatan selama sebulan mencapai Rp. 10 juta plus satu orang karyawan yang sudah merawat. Pengiriman juga terbilang ramai walaupun tidak setiap hari Nasrul mengaku paling tidak dalam seminggu ada lima kali pengiriman.

“Alhamdulillah sih makin kesini makin ramai pengiriman seminggu bisa lima sampai enam kali dan disini ada karyawan lepas jadi kalau ada pengiriman mereka bantuin pencabutan pohonnya sampai naikin ke truck atau crane,” ujar Nasrul.

Baca juga: Omzet Puluhan Juta dari Pule

Pohon pule memang memiliki Kharisma tersendiri jika Dibuat Sebagai Pohon Taman karena daunya yang terlihat bersih mengkilap juga karakter batangnya memiliki kesan tua dan memiliki alur yang indah apabila sering diambil kulitnya.

Related News