• 5 February 2023

Fakta Unik Tanaman Parijoto

“Tanaman ini banyak dicari untuk mengatasi masalah wanita yang susah mendapat keturunan, namanya tanaman parijoto. Bisa juga disebut sebagai anggur aladdin”

Mungkin Sahabat Tani masih ada yang asing mendengar nama tanaman parijoto, bahkan ada yang belum pernah mendengar namanya sama sekali.

Di beberapa daerah di Indonesia, tanaman parijoto sudah mulai di budidayakan, misalnya seperti di daerah Kudus dan Yogyakarta. Buah yang memiliki nama latin Medinilla speciosa ini tumbuh subur di hutan tropis dan daerah dataran tinggi dengan ketinggian 800 sampai 2.300mdpl. Penyebarannya sampai daerah Kalimantan bahkan ke luar negeri seperti Filipina bahkan hingga ke Eropa.

Baca juga: Buah Tin, Si Pencegah Diabetes

Berdasarkan penelitian dari para ahli, tanaman parijoto mengandung antioksidan yang sangat baik untuk kesuburan kandungan. Kandungan tersebut juga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

Paben, salah satu pembudidaya tanaman di Graha Raya, RT 005 RW 004, Sudimara Pinang, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, Provinsi Banten mengatakan, tanaman parijoto yang ia jual banyak sekali dicari.

“Tanaman ini banyak dicari untuk mengatasi masalah wanita yang susah mendapat keturunan, namanya tanaman parijoto. Bisa juga disebut sebagai anggur aladdin,” tutur Paben saat ditemui di kebun miliknya, Tanaman Hias Babeh.

Baca juga: Mengenal Congea, Si Tanaman Unik

Jika di Indonesia parijoto dijadikan sebagai obat herbal, di negara lain seperti Eropa, Amerika dan Asia, tanaman ini dijadikan sebagai tanaman hias. Tanaman jenis semak ini bahkan menjadi primadona dan memiliki harga yang cukup mahal.

“Pohon ini banyak yang cari karena banyak yang bilang ampuh dan sangat digemari sebagai tanaman hias. Harga untuk satu pohon dengan tinggi satu meter ini kisaran Rp 150 ribu dan ini pun masih sedikit buahnya. Semakin besar bentuk pohonnya, bisa semakin mahal bahkan sampai jutaan,” ungkap pria berusia 52 tahun itu.

Baca juga: Omzet Puluhan Juta dari Pule

Parijoto memiliki rasa yang asam. Selain dijadikan sebagai obat herbal dan tanaman hias, anggur aladdin ini juga bisa dijadikan olahan yang bervariasi. Beberapa orang memanfaatkannya sebagai olahan sirup kemasan, permen, keripik dan selai.

Uniknya lagi, tanaman ini juga dijadikan sebagai inspirasi motif batik. Di Kabupaten Kudus, terkenal dengan tanaman parijoto Gunung Muria, dan karena ke khasannya ini, membuat beberapa masyarakat menjadikannya sebagai bahan pembuatan motif batik khas Kudus.

Baca juga: Mengenal Opium, Tanaman Produksi Taliban

Related News