• 18 July 2024

Bonsai Bugenvil Harga Puluhan Juta

uploads/news/2021/10/bonsai-bugenvil-harga-puluhan-86654f453b97f7d.jpeg

“Bonsai bugenvil apalagi yang warna putih bisa mencapai harga Rp 45 juta itu harga normal, bahkan kalau dibuat lebih bervariasi lagi seperti bentuk tingkat gitu, bisa mencapai ratusan juta,”

Disaat banyak usaha yang harus gulung tikar karena pandemi covid-19, ternyata hal ini tidak berlaku bagi pembudidaya sekaligus pedagang tanaman hias. Peluang bisnis menjual tanaman hias saat ini bisa mencapai omset puluhan hingga ratusan juta dalam sebulan.

Berawal dari hobi tanaman bisa membawa keuntungan. Hal ini yang dirasakan oleh Diaz, salah satu pengelola tanaman hias di Graha Bintaro, Tangerang Selatan. Ia mengaku meraup untung puluhan juta dari menjual tanaman hias.

Baca juga: Ini Jenis-jenis Bunga Bugenvil

Salah satu tanaman yang dinilai cukup menggiurkan adalah bonsai bugenvil. Bonsai bugenvil Nampak indah, variasinya pun ada bermacam-macam ada ungu, magenta, pink, kuning namun menurut Diaz, yang paling memiliki harga paling mahal dan jarang ditemukan adalah bonsai bugenvil putih.

“Bonsai bugenvil apalagi yang warna putih bisa mencapai harga Rp 45 juta itu harga normal, bahkan kalau dibuat lebih bervariasi lagi seperti bentuk tingkat gitu, bisa mencapai ratusan juta,” tutur Diaz saat ditemui oleh Jagadtani.id di kebunnya.

Baca juga: Tips Jitu Merawat Tanaman Bugenvil

Kata Diaz, pembeli bonsai bugenvil pun bermacam-macam, namun rata-rata pembelinya berasal dari kelas menengah keatas sehingga para penjual bonsai bugenvil bisa meraup untung hingga ratusan juta rupiah. Kebanyakan pembeli mencari bonsai bugenvil untuk di pajang di halaman rumah maupun kebun.

Bonsai merupakan tanaman kerdil yang dibentuk didalam sebuah pot. Bonsai bugenvil begitu indah karena pohon ini dilengkapi dengan bunga yang berasal dari tanaman bougenville atau lebih sering disebut dengan bunga kertas. Kepopuleran bonsai bougenville saat ini tengah berada pada bagiannya, dikarenakan bonsainya memiliki daun yang cerah dan juga bunga yang berwarna warni.

Bonsai bisa dikatakan sebuah karya seni yang menjadikan tanaman sebagai objeknya. Bonsai mengutamakan sisi keindahan dari sebuah tanaman. Kata Diaz, untuk membentuk bonsai harus dilakukan dengan teliti dan sabar.

Baca juga: Nila, Alternatif Penghias Kolam Kantor

“Bunga kertas bisa dibuat bonsai dalam kurun waktu kurang lebih tiga bulan. Cara bikin bonsainya bisa menggunakan kawat, dibuat bentuk melingkar kemudian diikat juga tidak apa-apa, tidak akan patah,” jelasnya.

Lebih lanjut, Diaz menjelaskan perawatan bonsai bugenvil tergolong cukup mudah. “Tanah merah dicampur dengan pupuk lalu nanti diatasnya kasih saja sekam bakar sedikit. Tidak perlu diganti-ganti lagi dengan pupuk yang lain. Tapi hati-hati, penggunaan sekam juga bisa jadi busuk akibat terus menerus terkena air,” tutupnya.

Baca juga: Fakta Unik Tanaman Parijoto

Related News