• 19 April 2024

Ini Hewan-Hewan Kesayangan Nabi Muhammad

uploads/news/2021/10/hewan-favorit-nabi-muhammad-1575380fd64db8e.JPG

“Ada tiga hewan peliharaan Rasulullah yang sangat disayangi Rasulullah, saya merujuk dari kitab sirahnabawiyah dari ibnu katsir radiallahuanhu”

Tepat pada tanggal 19 Oktober di bulan Rabiul Awwal, seluruh umat muslim memperingati Maulid Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Peringatan Maulid Nabi dimeriahkan dengan berbagai acara keagamaan yang disesuaikan dengan tradisi sebuah tempat. Tak terkecuali melakukan beberapa amalan Maulid Nabi sebagaimana yang dianjurkan. Sebagai umat muslim kita juga wajib mengetahui kebiasaan-kebiasaan Rasulullah saat berkehidupan seperti contohnya memelihara hewan peliharaan.

Seperti yang kita tahu Nabi Muhammad adalah pencinta hewan. Nah Sahabat Tani sudah tahu belum nih apa saja hewan-hewan favorit Nabi Muhammad?

Muhammad Shaufi El Mahbub salah satu Ustad yang juga dosen Agama Islam ini menjelaskan khusus kepada Sahabat Tani apa saja hewan-hewan yang menjadi kesayangan Rasulullah. Mari kita bahas.

“Ada tiga hewan peliharaan Rasulullah yang sangat disayangi Rasulullah, saya merujuk dari kitab sirahnabawiyah dari ibnu katsir radiallahuanhu,” ujarnya kepada Jagadtani.id melalui pesan singkat.

Baca juga: Buah-Buahan Berkhasiat Kesukaan Rasulullah

Unta

“Pertama, Nabi itu senang dengan binatang unta. Nabi memiliki tiga unta, masing-masing tiga unta ini diberi nama, ada yang bernama Al ‘adhbaa, Al ‘jada’ah, dan Al ‘qatsuwah,” jelas Shaufi. Beberapa riwayat hadits menunjukkan bahwa Rasulullah memang memberikan nama pada beberapa hewan yang beliau miliki, diantaranya adalah sebagai berikut:
“Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam memiliki unta yang dinamakan dengan Al ‘Adhbaa‘” (Shahih Bukhari, no.2872).

Kuda



“Selanjutnya yaitu kuda. Kuda adalah binatang yang sangat disenangi oleh Rasulullah dengan ciri-ciri kepalanya berwarna putih bulunya warna kemerah - merahan, kakinya sebelah kanan belang berwarna putih. Ini kuda yang disenangi Rasul maka kuda ini juga diberi nama oleh beliau yaitu As-sakb,” pungkasnya. Ada beberapa kuda yang lain yang dinamai, yaitu: al-Mandub, an-Najib, al-Ya‘sub, as-Surhan, al-Mirwah, Al-Bahr, Al-Ward , Azh-Zhirb , Al-Lahif , Al-Murtajiz.

Baca juga: Kurma Rasulullah Tumbuh di Indonesia

Kucing

Sebagai umat muslim teladan pasti kita sudah mengetahui bahwa Nabi Muhammad SAW memiliki kucing yang ia beri nama Muezza. Kucing memanglah menjadi salah satu hewan yang paling disayangi oleh Rasulullah. “Kucing adalah binatang yang paling disayangi Rasulullah SAW karena Rasulullah memiliki sifat penyayang ya bahkan kucing yang Rasul pelihara diberi nama yaitu Muezza, setelah Rasul wafat kucing ini dipelihara oleh abu hurairah huanhu,” tutup Shaufi.

Baca juga: Manfaat Nyamuk Dalam Islam

Related News