• 30 May 2024

Infused Water Ala Rasulullah

uploads/news/2021/10/ini-infused-water-ala-690914f1ccc70fd.jpg

Infused water yang selama ini kita kenal sudah ada dari zaman Rasulullah loh, Sahabat Tani. Infused water ala Rasulullah diberi nama Air Nabeez

Bagi Sahabat Tani yang rutin menjaga pola hidup sehat pasti sudah akrab dengan minuman satu ini. Ya, infused water merupakan air mineral yang dicampurkan dengan irisan buah-buahan segar, sayuran, herbal, hingga rempah-rempah. Tidak ada bahan dasar khusus untuk membuat minuman ini. Pilihan bahan-bahan tersebut disesuaikan dengan yang kita sukai.

Campuran air dan irisan bahan segar biasanya disimpan dalam botol dan didinginkan di dalam kulkas setidaknya 1 – 12 jam agar sari bahan keluar seutuhnya. Usai didiamkan dalam waktu yang lama, potongan buah atau sayuran biasanya akan menjadi lembek.

Baca juga: Ini Hewan-Hewan Kesayangan Nabi Muhammad

Namun ternyata infused water yang selama ini kita kenal sudah ada dari zaman Rasulullah loh, Sahabat Tani. Infused water ala Rasulullah diberi nama Air Nabeez.

“Ya, kebiasaan Rasulullah setelah makan adalah meminum air nabeez yaitu air yang direndam satu hari satu malam menggunakan sebuah kurma dengan hitungan ganjil tiga, lima atau tujuh kemudian besok paginya diminum bersama makanan yang Rasulullah makan,” jelas Muhammad Shaufi El Mahbub, salah satu Ustadz yang juga dosen Agama Islam di sebuah Universitas.

Kurma memang kaya dengan nutrisi dan bisa dikatakan luar biasa karena mengandung protein, gula sehat, serat, vitamin A, vitamin C, vitamin D, Vitamin E, Vitamin K, Vitamin B kompleks (B1, B2, B3, B12, dll) , kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, seng, dan sodium. Jadi tak heran jika Rasulullah menjadikan air nabeez menjadi minuman sehari-hari.

“Air nabeez ini mungkin kalau sekarang kita kenalnya infused water ya, yaitu air oksigen yang kadang-kadang kita masukan buah seperti nanas, manga, jeruk, dan lain-lain didalamnya,” tambah Shaufi.

Baca juga: Buah Tin, Si Pencegah Diabetes

Manfaat air nabeez terbukti baik untuk menambah tenaga untuk aktivitas sehari-hari. Seperti yang diketahui, kurma mengandung kadar gula yang cukup. Nantinya, gula akan diproses oleh tubuh dan diubah ke dalam bentuk energi untuk menjalankan kegiatan Sahabat Tani. Kendati demikian, jangan khawatir karena kandungan gula pada kurma tidak berpotensi menyebabkan kenaikan gula darah (glukosa)

Pada jangka panjang, manfaat air nabeez dapat membantu mencegah kanker. Alasannya karena kurma mengandung antioksidan tinggi dan dapat membantu menangkal radikal bebas penyebab penyakit.Tak hanya itu, kadar antioksidan dalam air ini juga mengurangi risiko terkena alzheimer.

Baca juga: Rekomendasi Buah-Buahan untuk Asam Lambung

Baca juga: Mengonsumsi Air Kelapa saat Haid

Related News