• 7 July 2022

Tips Merawat Mawar Tumbuh Subur

“Pastikan bunga mawar mendapatkan sinar matahari yang cukup. Dan jangan disiram terlalu sering karena akan cepat mati kalau terlalu banyak air”

Siapa yang tak kenal dengan bunga mawar? bunga mawar adalah salah satu tanaman bunga yang memiliki banyak sekali peminatnya. Selain memiliki aroma yang khas, warna mawar sangat bermacam-mcam sehingga banyak disukai orang. Ada merah, pink, oranye, kuning dan putih.

Tak hanya itu, menanam dan merawat bunga mawar tergolong cukup mudah. Mawar bahkan mampu bertahan hidup pada cuaca panas dan dingin. Namun, Sahabat Tani tetap memerlukan cara yang tepat untuk merawat mawar agar tetap tumbuh subur.

Baca juga : Tips Jitu Merawat Tanaman Bugenvil

Paben, salah satu pembudidaya tanaman di Graha Raya, RT 005 RW 004, Sudimara Pinang, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, Provinsi Banten, menjelaskan tips merawat bunga mawar yang mudah bagi pemula.

“Pertama, setelah memilih bibit mawar yang unggul dan akan dibudidayakan, bagi pemula penting untuk memperhatikan pemilihan pot yang akan digunakan. Sebaiknya pilih pot yang terbuat dari tanah liat. Bisa saja menggunakan plastik, namun lebih bagus menggunakan pot dengan bahan tanah liat,” tutur Paben saat ditemui di kebun miliknya, Tanaman Hias Babeh.

Kata Paben, alasan menggunakan pot dengan bahan tanah liat, pot tanah liat memiliki banyak pori-pori yang bisa mengalirkan air dengan cepat. Jika mawar terlalu banyak tergenang air, akan cepat mengalami pembusukan.

Baca juga: Buah Tin, Si Pencegah Diabetes

Lebih lanjut, pria berumur 52 tahun itu mengatakan, penyiraman mawar tidak memerlukan air yang banyak. Saat menyiram, pastikan air terkena tanah jangan daun atau bunga mawar karena akan menyebabkan kerontokan. Paben mengatakan, cukup siram bunga mawar satu kali dalam sehari agar tidak kering. Bunga mawar tidak cocok dengan tanah yang terlalu basah, gembur maupun tanah yang terlalu kering.

“Pastikan bunga mawar mendapatkan sinar matahari yang cukup. Dan jangan disiram terlalu sering karena akan cepat mati kalau terlalu banyak air,” pungkasnya.

Mawar juga bisa terkena hama. Jika ada hama yang menyerang, pertumbuhan mawar akan jadi terhambat. Karena itu, berilah pestisida sebulan sekali agar bunga mawar terhindar dari hama. Selain itu, beri juga pupuk organik agar nutrisi yang dibutuhkan bunga mawar selalu tercukupi.

“Beri furadan juga bisa untuk menghindari hama. Cukup berikan kalau mulai muncul tanda-tanda ada hama, atau kalau mau rutin satu bulan sekali saja,” tutupnya.

Baca juga: Cara Mudah Merawat Pohon Pule

Related News