• 6 December 2022

Konsumsi Minyak Zaitun Anjuran Rasulullah

uploads/news/2021/10/konsumsi-minyak-zaitun-anjuran-43538433cb061f4.jpg

“Minyak zaitun ini sebagai minuman Rasulullah setiap sore hari, jadi kalau kita punya minyak zaitun diminumlah”

Zaitun dikenal sebagai pohon kaya manfaat. Pohon zaitun mudah ditemukan di negara Palestina, Turki, Yunani, Spanyol dan lain sebagainya. Tanaman ini memiliki ketinggian hingga tiga meter, buahnya berwarna kebiruan dan daunnya berwarna hijau cerah. Karena perannya yang bermanfaat, nabi Muhammad SAW sering menggunakan zaitun dalam pengobatan.

Baca juga :Haluskan Wajah dengan Minyak Zaitun

Menurut hadits riwayat Tirmidzi dan Ibnu Majah, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Makanlah minyak zaitun dan pijatlah di atas tubuh Anda karena ini adalah pohon berkah”. Muhammad Shaufi El Mahbub, salah satu Ustadz sekaligus dosen Agama Islam di sebuah Universitas menjelaskan hadits tersebut yang merupakan anjuran Rasulullah.

“Minyak zaitun ini sebagai minuman Rasulullah setiap sore hari, jadi kalau kita punya minyak zaitun diminum lah di sore hari dan kalau bisa dilumuri ke tubuh seperti anjuran Rasulullah,” tutur Shaufi kepada reporter Jagadtani.id, melalui pesan singkat.

Nabi Muhammad SAW dikenal memiliki tubuh yang sehat, bugar dan kuat. Sepanjang hidupnya, Rasulullah menerapkan pola hidup sehat yang kerap dijadikan panutan. Dengan mengkonsumsi minyak zaitun setiap harinya.

“Zaitun ini sebagai minuman favorit Rasulullah selama hidupnya, selain itu madu juga termasuk di dalam minuman favoritnya,” tambahnya.

Baca juga :Buah Zaitun Simbol Rakyat Palestina

Minyak zaitun digunakan sebagai bahan pengawet alami yang baik untuk makanan lain seperti ikan sarden dan lainnya. Faktanya, buah zaitun yang sangat bergizi tak banyak dikonsumsi masyarakat sebab mengandung rasa metalik. Sejak zaman kuno, zaitun telah dimanfaatkan dengan berbagai cara. Masyarakat Eropa mengkonsumsinya dengan dijadikan acar, sedangkan di beberapa negara seperti Spanyol, Turki, Yunani dan lainnya zaitun diawetkan dalam cuka dan diimpor.

Dalam penelitian medis, minyak zaitun dikatakan sebagai obat alami yang istimewa. Sebab, sejak dulu minyak zaitun dikenal memiliki khasiat baik untuk tubuh. Mulai dari menurunkan risiko stroke, menjadi obat perawatan kulit, mencegah kanker dan lainnya. Dengan mengkonsumsi minyak zaitun, dapat mengganti kebutuhan lemak dalam masakan agar bisa menurunkan risiko terkena stroke hingga 40 persen.

Baca juga :Buah-Buah Berkhasiat Kesukaan Rasulullah

Melihat pola makan Mediterania yang lebih menyukai makanan tumbuhan dan minyak zaitun dibandingkan konsumsi daging. Pola tersebut dapat ditiru, sebab sebuah penelitian menemukan pola makan ini dapat memiliki risiko jauh terkena penyakit kanker tertentu seperti kanker payudara, pankreas, prostat dan sebagainya.

Related News