• 5 February 2023

Baobab, Pohon Raksasa Berusia Ribuan Tahun

"Pohon ini sangat banyak manfaatnya untuk manusia maupun hewan, bisa dikatakan setiap jengkal dari pohon baobab hampir tidak ada yang sia-sia"

Baobab atau ki tambleg adalah nama umum dari sebuah genus (Adansonia) yang terdiri dari delapan spesies pohon asli Madagaskar, Afrika daratan dan Australia. Spesies Afrika daratan juga ada di Madagaskar, tetapi tidak asli negara itu. Nama umum lainnya adalah boab dan boaboa. Spesies ini mencapai tinggi antara 5–25 meter. Mereka menyimpan air di dalam batang mereka, dengan kapasitas di atas 120.00 liter untuk bertahan dalam kondisi lingkungan sekitar mereka.

Achmad Nasrullah, pembudidaya pohon pule yang memiliki Farm di Graha Bintaro, Pondok Aren, Tangerang Selatan memiliki pohon raksasa ini “Pohon ini adalah salah satu pohon yang unik yang saya punya, namanya baobab berasal dari Afrika Selatan uniknya pohon ini adalah dia bisa menyimpan air disaat orang-orang pada kekeringan jadi pohon ini difungsikan sebagai penyimpanan air karena di Afrika sendiri kan sering kekurangan air,” jelasnya.

Baca juga: Cara Mudah Merawat Pohon Pule

Ketika pohon baobab tumbuh, batangnya akan menjadi berlubang, dan memungkinkannya untuk menyimpan puluhan ribu galon air yang dapat digunakan selama musim kemarau. Baik manusia ataupun hewan, sama-sama memanfaatkan air ini. Sumber vital ini adalah salah satu alasan mengapa baobab didaulat sebagai pohon kehidupan. Kanopi baobab, yang keliling lingkarannya bisa mencapai puluhan meter, pun menyediakan tempat berlindung yang sangat dibutuhkan bagi manusia dan satwa liar, yang hidup di dataran panas dan terpapar sinar matahari.

Tak hanya batang dan rantingnya loh Sahabat Tani, daun baobab dapat dimasak dan dimakan seperti bayam. Kulit pohon biasanya digunakan untuk membuat tali dan kertas, bunganya dimanfaatkan untuk membuat lem, dan bijinya digunakan untuk membuat tinta. “Pohon ini sangat banyak manfaatnya untuk manusia maupun hewan, bisa dikatakan setiap jengkal dari pohon baobab hampir tidak ada yang sia-sia,” tambah pria yang juga guru Agama Islam itu.

Baca juga: Melihat Untung Bisnis Pohon Pule

Nasrul juga mengatakan pohon baobab yang ia punya saat ini hanya rantingnya saja, jadi bisa Sahabat Tani bayangkan jika rantingnya sebesar itu, batang pohonnya bisa lebih lima kali lipat besarnya.

Pohon baobab dapat dapat tumbuh hingga ribuan tahun. Baobab tertua yang diketahui adalah Sunland Baobab yang diperkirakan berusia sekitar 6000 tahun. “Yang spesialnya lagi dari pohon yang biasa disebut pohon kaki gajah ini dia bisa hidup sampai ribuan tahun dan tidak mudah rusak, Kalau disini saya jual pohonnya seharga Rp. 50 juta tapi kalau daunnya sudah numbuh bisa lebih mahal sampai ratusan juta” ucap Nasrul.

Diketahui juga pohon baobab mampu menopang ekosistemnya sendiri. Beberapa mahluk mengandalkan pohon besar ini untuk bertahan hidup. Sarang burung hidup di dahannya, sementara batangnya yang berlubang dimanfaatkan oleh serangga dan ular sebagai rumah. Buahnya dimakan oleh babon dan monyet. Selain itu, kulit pohonnya dimakan oleh gajah.

Baca juga: Pule, Tanaman Raksasa Berselimut Manfaat

Related News