• 23 April 2024

Kolget, Bunga Matahari Versi Mini

uploads/news/2021/10/kolget-bunga-matahari-versi-14549c93403df43.png

“Bunga ini cocok untuk dijadikan tanaman hias didepan rumah. Warnanya cerah, jadi segar kalau dilihat. Bentuknya memang mirip sekali dengan bunga matahari”

Ada banyak cara yang bisa Sahabat Tani lakukan agar rumah jadi terlihat cantik. Nah, biasanya masyarakat mempercantik rumah dengan cara meletakkan tanaman hias di teras maupun didalam ruangan. Dengan memanfaatkan tanaman hias, rumah Sahabat Tani tentu akan jauh terlihat lebih segar, sejuk dan enak dipandang. Selain itu, memiliki ragam tanaman hias akan membuat rumah jadi terasa nyaman.

Ada banyak tanaman hias yang bisa Sahabat Tani manfaatkan untuk mempercantik rumah, dari tanaman berukuran kecil hingga sedang, dari yang berbunga hingga yang hanya berdaun saja. Namun tidak hanya jadi hiasan rumah, Sahabat Tani juga perlu paham bagaimana cara perawatannya. Salah satu tanaman yang bisa melengkapi tampilan rumah Sahabat Tani adalah bunga kolget.

Baca juga: Mengenal Aglaonema, Perawatannya Mudah

Bunga kolget ini merupakan bunga berwarna kuning segar dan memiliki jumlah bunga yang sangat banyak. Kolget yang memiliki nama ilmiah Melampodium Divaricatum merupakan tumbuhan berbunga yang masih satu marga dengan keluarga bunga matahari. Kalau di Eropa, mereka menyebutnya dengan nama Million Gold atau Butter Daisy. Tanaman ini merupakan salah satu tumbuhan yang paling produktif menghasilkan bunga terutama pada musim panas. Warna dan bentuk mahkota dari bunga kolget menyerupai bunga matahari. Maka, jangan heran bila bunga ini sering dipanggil sebagai bunga “Matahari Mini”, karena bentuk bunga kolget sangat mirip dengan bunga matahari.

“Bunga ini cocok untuk dijadikan tanaman hias didepan rumah. Warnanya cerah, jadi segar kalau dilihat. Bentuknya memang mirip sekali dengan bunga matahari. Banyak juga yang datang ke toko saya untuk membeli bunga ini. Kalau mau budidaya bunga kolget juga gampang, perawatannya pun mudah,” ungkap Diaz, salah satu pengelola tanaman hias di Graha Bintaro, Tangerang Selatan.

Baca juga: Krisan, Populer ke Seluruh Dunia

Kata Diaz, ada dua cara yang bisa Sahabat Tani lakukan bila ingin membudidaya bunga kolget. Pertama, disemai langsung diatas tanah kemudian baru dipindahkan ke polybag atau pot. Kedua, Sahabat Tani bisa langsung tanam bibit kolget diatas pot, tentunya lengkap dengan mempersiapkan media tanam dan pupuk untuk menunjang pertumbuhan bibit tersebut.

“Bunga kolget ini mulai mekar ketika usia 2 bulan. Bunganya akan tumbuh rimbun. Kalau untuk penyiraman cukup sehari sekali pun cukup. Dia jenisnya tanaman yang tidak ribet namun tetap dalam satu hari harus ada penyiraman,” tutupnya.

Baca juga: Rekomendasi Tanaman Hias Indoor

Related News