• 29 March 2024

4 Fakta Ayam yang Jarang Diketahui

uploads/news/2021/10/4-fakta-ayam-yang-786960139adf034.JPG

"Karena biasanya ayam yang makan kerikil itu pencernaannya kurang bagus, sehingga membutuhkan penghancur pakan di dalam tubuhnya"

Masyarakat Indonesia merupakan warga negara yang mayoritas memelihara ayam. Ayam menjadi salah satu hewan yang banyak digemari dikalangan anak muda maupun orang dewasa. Jenisnya pun beragam, mulai dari ayam biasa (kampung maupun negeri), ayam hias dan ayam ternak. Apalagi, cita rasanya yang enak dan tak tergantikan menjadi nilai jualnya tinggi. Meski begitu, banyak keunikan ayam yang jarang diketahui loh. Yuk, simak apa saja fakta uniknya!

Baca juga : Ini Jenis-jenis Ayam Kampung

Ayam Makan Kerikil

Ayam terkadang mencari makanan lain di halaman rumah. Biasanya, saat ayam mengais tanah, pertanda bahwa ayam sedang mencari pakan biji-bijian. Namun, beberapa berpendapat bahwa keadaan tersebut ayam memakan kerikil kecil yang dapat membantu pencernaannya. Sapta Pratama, salah satu peternak ayam Kampung Unggul Balitnak (KUB) mengatakan hal itu adalah lumrah.

Karena biasanya ayam yang makan kerikil itu pencernaannya kurang bagus, sehingga membutuhkan penghancur pakan di dalam tubuhnya. Namun bisa juga pakai pakan alternatif yang bertekstur keras. Jadi bagi yang sudah sering makan ayam khususnya bagian dalemannya, sudah tidak heran lagi kalau lihat kerikil-kerikil kecil yang di ampela,” kata pria yang akrab disapa Tama, kepada Jagatani melalui pesan singkat.

Baca juga : 4 Fakta Unik Ayam Cemani

Ayam Memiliki Sifat Kanibalisme

Pada beberapa kasus, akan mudah ditemui ayam mematuk sesama jenisnya. Faktor penyebabnya ialah saat pemberian pakan yang tidak tepat waktu. Jika peternak memberikan pakan terlambat, maka kemungkinan besar hal tersebut akan terjadi. Untuk itu, selalu sedia alarm untuk mengingat waku pemberian pakan, agar ayam dapat tumbuh dan berkembang dengan baik sesuai target yang ingin dicapai.

Ayam Betina Tetap Bertelur Tanpa Pejantan

Ayam betina bisa bertelur tanpa pejantan. Hal ini merupakan kondisi yang jarang diketahui masyarakat. Tugas ayam pejantan hanya membuahi sel telur betina sehingga membuat hadirnya telur dalam tubuh betina. Faktanya, ayam betina memang memproduksi sel telur dan akan mengeluarkannya saat proses pembuahan selesai. “Ayam betina bisa bertelur tanpa pejantan, tetapi tidak ada embrionya jadi tidak fertil untuk ayamnya,” pungkasnya.

Ukuran Telur Berpengaruh Pada Umur Ayam

Faktanya, seringkali kita menemukan ukuran telur ayam yang berbeda-beda. Hal ini disebabkan oleh umur ayam yang semakin tua maka semakin besar telurnya. Namun, di umur yang tua ayam akan menghasilkan jumlah produksi sedikit, sehingga telur-telur dengan ukuran besar di dapat dari ayam yang masa hidupnya yang sudah menua.

Baca juga : Tips Sukses Ternak Ayam Petelur

Related News