• 10 May 2024

Ini Keunggulan Traktor Untuk Membajak Sawah

uploads/news/2021/10/ini-keunggulan-traktor-untuk-67498bb8e253f6d.jpeg

Saat ini, hampir seluruh petani yang membajak sawah, sudah beralih dari hewan ternak dengan menggunakan traktor.

Penggunaan traktor sangat memegang peran penting untuk menunjang kesuksesan menanam. Dengan menggunakan traktor, dalam sehari petani bisa menggarap lahan sawah lebih banyak daripada menggunakan hewan ternak.

Salah satu upaya yang paling efisien dirasakan adalah penggunaan traktor roda empat. Traktor roda empat ini banyak digunakan di area perkebunan. Tapi saat ini traktor roda empat juga digunakan di area sawah. Traktor roda empat sangat cocok digunakan dilahan sawah dengan skala luas dan datar. Cocok juga digunakan untuk tanah yang kering atau tadah hujan sehingga untuk percepatan tanaman padi, jagung dan kedelai. Penggunaan traktor juga dapat membantu daerah-daerah yang kekurangan tenaga kerja.

"Jadi tidak hanya pupuk dan bibit saja yang penting untuk diperhatikan, cara perawatan pun juga berpengaruh. Mengikuti perkembangan zaman yang modern seperti sekarang dengan cara menggunakan traktor," ungkap Anton, Konsultan Alat Berat Pertanian, saat di hubungi oleh Jagad Tani melalui pesan singkat.

Baca juga:Untung Dobel dari Mina Padi

Kata Anton, keuntungan dari penggunaan traktor adalah dapat membajak sawah lebih cepat, dapat menyuburkan lahan karena dapat membalik tanah dengan kedalaman yang maksimal sesuai keinginan petani sehingga petani mempunyai keuntungan yang luar biasa selain cepat juga subur.

Selain itu traktor roda 4 tidak mudah terbenam atau selip saat digunakan sehingga ideal digunakan dalam olah tanah.

"Bisa juga menggunakan traktor lain, misalnya traktor tangan. Kalau menggunakan traktor tangan harus melalui tiga tahap dan juga ada tiga alat tambahan," jelasnya.

Baca juga:Sulap Lahan Kosong jadi Tempat Budidaya

Lebih lanjut Anton mengatakan, hasil akhir tanah juga berbeda bila dibandingkan membajak dengan menggunakan hewan. Tanah jauh halus terolah, sisa tanaman padi, jagung atau kedelai, jadi hancur dan tercampur dengan tanah yang membuat tanah lebih kaya nutrisi.

"Intinya, tujuan penggunaan traktor dalam pengolahan tanah agar keadaan tanah sesuai untuk pertumbuhan tanaman dengan peralatan yang bekerja secara mekanis dan berskala besar," tegasnya.

Pengolahan tanah tidak hanya merupakan kegiatan lapang untuk memproduksi hasil tanaman tetapi juga berkaitan dengan hasil tanaman tetapi juga berkaitan dengan kegiatan lainnya seperti penyebaran penanaman bibit, pemupukan, perlindungan tanaman dan panen.

Baca juga:Potensi Besar Ekspor Tanaman Hias

Related News