• 19 April 2024

Pentingnya Terumbu Karang bagi Lobster

uploads/news/2021/10/pentingnya-terumbu-karang-bagi-42029efc1c50a02.jpg

“Infrastruktur yang dibutuhkan lobster untuk beranak pinak dan besar adalah terumbu karang, pasir, laut bersih”

Sahabat Tani mungkin sudah sering melihat terumbu karang. Nah, terumbu karang yang biasa kita lihat di laut ini, merupakan batuan sedimen kapur yang terbentuk dari kalsium karbonat. Kalsium karbonat tersebut berasal dari biota laut yang kemudian melalui proses sedimentasi.

Terumbu karang sendiri memiliki berbagai manfaat dan merupakan ekosistem laut dangkal yang ada pada iklim tropis. Terumbu karang juga ekosistem paling kompleks dan produktif tetapi juga merupakan ekosistem yang paling rentan terhadap perubahan lingkungan dan juga daya dukung yang terbatas.

Baca juga: Terumbu Karang yang Terancam Punah

Di laut, Sahabat Tani dapat menemukan terumbu karang dengan beragam biota laut yang hidup di sekitarnya. Semua biota laut tersebut bergantung hidup pada terumbu karang, khususnya bagi hewan avertebrata. Misalnya crustacea, siput dan kerang-kerangan, bulu babi, anemon laut, teripang, bintang laut dan leli laut, ikan–ikan kecil, ular laut, penyu laut, ganggang dan juga alga.

Sebagai negara kepulauan dengan wilayah lautan yang luas, Indonesia memiliki kekayaan terumbu karang sebesar 15% dari total terumbu karang dunia. Terumbu karang bermanfaat sebagai habitat dan sumber makanan bagi berbagai jenis makhluk hidup di laut. Banyak sekali berbagai jenis makhluk hidup yang tinggal, mencari makan, berlindung, dan berkembang biak pada terumbu karang, salah satunya bermanfaat besar bagi lobster.

Baca juga: Rekomendasi Ikan Hias Air Laut

“Terumbu karang merupakan habitat utama lobster, yang memiliki peran penting secara ekologi maupun ekonomi,” ujar Deputi Bidang Ilmu Kebumian Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Ocky Karna Radjasa.

Selain menjadi habitat utama bagi lobster, terumbu karang menjadi sumber keanekaragaman hayati yang tinggi. Banyak sekali keanekaragaman genetik dan spesies terumbu karang yang ditemukan. Banyak juga genetik terumbu karang yang mampu bertahan hidup dengan waktu yang cukup lama.

Baca juga: Sunscreen Dapat Merusak Biota Laut

Bahkan, Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan periode 2014-2019 Susi Pudjiastuti mengatakan bahwa ekosistem laut yaitu terumbu karang adalah infrastruktur yang diperlukan lobster berkembang.

“Infrastruktur yang dibutuhkan lobster untuk beranak pinak dan besar adalah terumbu karang, pasir, laut bersih,” ucap Susi.

Baca juga: Lepu, Cantik-Cantik Mematikan

Related News