• 25 April 2024

Begini Perawatan Ayam Kampung Asli

uploads/news/2021/11/begini-perawatan-ayam-kampung-256986a90c2c6b8.JPG

Pemberian pakan merupakan kunci utamanya. Sebab, pakan yang berkualitas, akan mencukupi kebutuhan nutrisi pada tubuh ayam dan menjadikannya tumbuh sesuai dengan target yang telah ditentukan.

Ayam kampung merupakan salah satu unggas yang banyak dipelihara di Indonesia. Apalagi, perawatannya mudah dan masih menjadi makanan pokok setiap hari bagi sebagian masyarakat. Menurut para pendahulu, sejak dahulu ayam kampung telah dipelihara untuk dimanfaatkan daging dan telurnya. Kini, sudah banyak yang mengembang biakkan dikarenakan perawatannya mudah.

Baca juga : Ini Bedanya Ayam Kampung Dan Broiler

Arga Septian, salah satu peternak ayam kampung asli (AKA) berlokasi di Kecamatan Sindang Jaya, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, mengatakan bahwa salah satu keunggulan dari ayam kampung asli ini ialah daya tahan tubuhnya yang kuat. “Ayam ini daya tahan tubuhnya kuat, berbeda dengan ayam kampung jenis lainnya. Namun untuk menjaga tubuhnya agar terhindar dari penyakit, maka perawatannya harus diperhatikan,” tutur Arga kepada Jagadtani, saat ditemui di peternakannya.

Pria kelahiran darah Sunda ini menambahkan, “Jadi perawatannya setiap hari harus dibersihkan tempat makannya dan minumnya. Pada waktu pemberian pakan harus teratur, untuk menghindari kanibalisme pada sesamanya. Karena kalau sudah kelaparan tidak dikasih makan, maka mereka akan memakan temannya sendiri,” ucap Pria pemilik dua anak ini.

Baca juga : Ini Jenis-jenis Ayam Kampung Populer

Dalam menghasilkan panen yang bagus, pemberian pakan merupakan kunci utamanya. Sebab, pakan yang berkualitas, akan mencukupi kebutuhan nutrisi pada tubuh ayam dan menjadikannya tumbuh sesuai dengan target yang telah ditentukan. Pada pemberian pakan, biasanya menggunakan pakan konsentrat, namun, karena harga pakan ayam kampung cukup tinggi maka Sahabat Tani yang hendak memeliharanya dapat menggunakan pakan alternatif seperti dedak, bekatul, jagung giling, dedaunan, tepung ikan dan sebagainya.

Perlu dicatat, ayam kampung asli di umur sekitar 60 hari sudah dapat dipanen dengan beragam bobot yang sesuai pada pemeliharaan dan pola pakannya. Ayam kampung asli biasanya dapat dipelihara di umbaran, namun hal ini akan menghasilkan panen sedikit sebab, ayam akan dimangsa, untuk itu dengan menggunakan kandang kayu yang rapat dan aman akan terhindar dari hewan pemangsa.

Baca juga : 4 Fakta Ayam Yang Jarang Diketahui

Lebih lanjut, Arga menegaskan, “Pemeliharaan ayam kampung asli ini mudah, dan tidak sulit. Namun, ada baiknya ayam ditempatkan di tempat yang jauh dari pemukiman warga agar ayam terhindar dari kebisingan dan tidak mudah stres serta nafsu makannya berkurang,” tutupnya.

Related News