• 5 May 2024

Ini Alasan Satwa Liar Bisa Mengamuk

“Alasan lainnya mereka bisa agresif seperti itu antara lain untuk pertahanan diri mereka. Bisa jadi kita masuk ke zona aman mereka, merusak tempat tinggal mereka, kemudian mereka merasa terancam. Saat itu lah mereka jadi lebih agresif”

Mungkin Sahabat Tani sering mendengar banyak kasus satwa liar yang tiba-tiba mengamuk bahkan sampai menyerang manusia. Sama hal nya dengan manusia, hewan-hewan tersebut juga bisa marah, tentunya ada beberapa faktor yang menyebabkan mereka jadi berlaku demikian.

Staf Humas Taman Margasatwa Ragunan, Bambang Wahyudi mengatakan beberapa kali satwa liar yang ada di Taman Margasatwa Ragunan (TMR) pun sebelumnya pernah mengamuk. “Hewan-hewan yang ada di Ragunan ini kan memang satwa liar, tentunya mereka pasti pernah ngamuk, marah atau istilah lainnya jadi lebih agresif ya,” ungkapnya.

Baca juga: Kabar Gembira, Ragunan Kembali Dibuka

Lebih lanjut, Bambang menjelaskan khusus kepada Jagad Tani penyebab satwa liar bisa mengamuk dan jadi menyeramkan.“Bisa agresif itu karena beberapa hal. Pertama, mereka bisa marah karena diganggu. Yang kedua, bisa karena adanya siklus hormonal pada hewan. Sama seperti manusia, hewan juga mengalami siklus hormonal yang mempengaruhi dirinya. Hewan juga demikian, agresifnya bisa meningkat,” jelas Bambang.

Baca juga: Kisah Pilu Kucing Jalanan

Bambang menambahkan, biasanya penyebab lain hewan-hewan jadi lebih agresif karena adanya pertengkaran diantara para jantan untuk merebutkan betina yang saling mereka incar.

“Kemudian saat musim kawin, biasanya hewan bisa saling berantem. Biasanya mereka akan melakukan persaingan ketat untuk mendapatkan betina yang mereka incar,” tambahnya.

Baca juga: Crocodile Skink, Kadal Berduri Menyerupai Naga

Seperti yang pernah kita dengar sebelumnya, banyak sekali konflik mengenai harimau yang menyerang beberapa warga di sebuah desa. Penyebabnya adalah habitat dan rumah hewan buas berkaki empat tersebut dirusak oleh sebagian manusia yang tidak bertanggung jawab. Mereka tidak akan menjadi agresif bila manusia tidak mengganggunya.

“Alasan lainnya mereka bisa agresif seperti itu antara lain untuk pertahanan diri mereka. Bisa jadi kita masuk ke zona aman mereka, merusak tempat tinggal mereka, kemudian mereka merasa terancam. Saat itu lah mereka jadi lebih agresif,” tuturnya.

Baca juga: 5 Hewan Indonesia Terancam Punah

Baca juga: Kronologi Harimau Ragunan Terpapar Covid-19

Related News