• 4 May 2024

Hutan sebagai Penyelamat Kehidupan

uploads/news/2021/11/hutan-sebagai-penyelamat-kehidupan-16640673c5d983c.jpg

“Hutan bagi negara kita kontribusinya sangat besar, karena kita termasuk negara dengan kekayaan alam atau biodiversitas terbesar di dunia. Kita negara ketiga terbesar dengan kekayaan hutan tropisnya..”

Hutan menjadi salah satu ekosistem yang memiliki peran penting bagi seluruh makhluk hidup. Demi menjaga keberlangsungan hidup ekosistem, hutan perlu dijaga karena memiliki peran sebagai penyimpan cadangan air dan bahkan menjadi paru-paru dunia.

Hutan memiliki kemampuan untuk melepaskan oksigen, sebuah zat yang dibutuhkan oleh semua makhluk hidup. Ada 3 jenis hutan berdasarkan iklim dan curah hujan yaitu hutan tropis, hutan musim dan hutan sabana. Hutan tropis, salah satu hutan yang paling banyak memiliki andil sebagai pusat paru-paru dunia.

Baca juga: Mengintip Koleksi Pohon Langka Indonesia

Prof. Dr. Hendra Gunawan, Ph.D, Peneliti dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengatakan, hutan tropis memiliki pengaruh besar sebagai paru-paru dunia karena merupakan ekosistem darat yang memiliki keanekaragaman hayati yang paling beragam dan produktif di bumi.

“Di hutan, ada rantai makanan yang berjalan, mulai dari herbivora, kemudian ada karnivora, sampai kepada hewan pengurai. Itu lah kehidupan aktif yang ada di hutan,” ungkapnya kepada Jagad Tani saat ditemui di kantornya yang terletak di Jalan Gunung Batu, Ciomas, Bogor.

Baca juga: Kebiasaan Penting untuk Melestarikan Hutan

Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki banyak sekali hutan tropis dan disebut sebagai penyumbang hutan tropis terbesar di seluruh dunia. Selain itu, Malaysia memiliki hutan rawa gambut, Afrika memiliki hutan tropis kering serta Brazil terdapat hutan gugur dan semi gugur.

“Hutan bagi negara kita kontribusinya sangat besar, karena kita termasuk negara dengan kekayaan alam atau biodiversitas terbesar di dunia. Kita negara ketiga terbesar dengan kekayaan hutan tropisnya. Ada lembaga penelitian yang mengurusi itu, dari situ banyak dihasilkan pengetahuan, kebijakan untuk pemerintah kita untuk mengelola hutan,” jelasnya.

Baca juga: Jenis-Jenis Hutan di Indonesia

Selain bermanfaat sebagai penyumbang oksigen, hutan tropis dapat mencegah terjadinya erosi tanah. Tak hanya itu, hutan juga dapat mengurangi resiko bencana alam seperti tanah longsor, banjir, gelombang tsunami, hingga badai. Manfaat lainnya, hutan mampu menyerap, membersihkan dan mendaur ulang air tawar dengan menangkap curah hujan.

Satu pohon saja bisa dianggap sebagai pahlawan untuk menyelamatkan kehidupan. Lantas, hutan dengan ribuan pohon yang tertanam bisa menyelamatkan lebih banyak kehidupan, bukan?

Baca juga: Mengintip Isi Hutan Penelitian Dramaga

Related News