• 2 May 2024

Ini Manfaat Pisang yang Sedang Viral

uploads/news/2021/11/jangan-rusak-pohon-pisang--14562859895ad9c.jpg

“Buah pisang memiliki banyak sekali manfaat. Dan yang paling menonjol pada pisang, banyak sekali kandungan kalium. Kalium ini bermanfaat untuk otot dan bisa untuk menjaga stamina tubuh,”

Baru-baru ini, masyarakat dihebohkan dengan adanya ungkapan ‘Salam dari Binjai’ yang diucapkan oleh Paris Pernandes melalui media sosial miliknya. Tak hanya itu, dalam video tersebut, Paris tanpa rasa tega menghajar pohon pisang dengan cara dipukul-pukul seperti petinju menggunakan tangan kosong.

Melalui aksinya ini, ternyata banyak orang yang menirukan gaya pemuda asal Binjai, Sumatera Utara ini dengan membuat video serupa dan turut mengucapkan 'Salam dari Binjai'. Sayangnya, aksi ini berdampak negatif sebab telah dilaporkan, puluhan pohon pisang milik warga rusak akibat dipukuli dan dijadikan bahan konten.

Salah satu kasusnya seperti di Desa Surabayan, Kecamatan Sukodadi, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur ditemukan 50 pohon pisang dalam kondisi rusak dan roboh. Rusaknya puluhan pohon pisang tersebut disebabkan oleh 9 pelajar SMP yang menirukan tren viral 'Salam dari Binjai'.

Padahal, pisang berbuah untuk memberi makanan bagi makhluk hidup. Buah pisang bahkan memiliki sejarah bagi bangsa Indonesia sejak zaman penjajahan. Pisang menjadi salah satu makanan penolong tentara dan rakyat Indonesia ketika singkong dan makanan lainnya sulit didapatkan pada saat itu.

Baca juga: Lampeneng, Pisang Langka dari Bogor

Buah pisang juga memiliki rasa yang manis. Selain itu, pisang memiliki banyak manfaat yang dapat menyehatkan tubuh manusia. “Buah pisang memiliki banyak sekali manfaat. Dan yang paling menonjol pada pisang, banyak sekali kandungan kalium. Kalium ini bermanfaat untuk otot dan bisa untuk menjaga stamina tubuh,” ungkap dr. Hasnal Laily Yarza, dokter umum di Puskesmas Dadok Tunggul Hitam, Padang, kepada Jagad Tani melalui pesan singkat.

Lebih lanjut, perempuan yang akrab dipanggil Alit itu menjelaskan, pisang dapat membantu mengatasi sejumlah masalah pencernaan seperti diare dan maag, serta menurunkan kolesterol dan tekanan darah.

Baca juga: Atasi Diare dengan Konsumsi Pisang

“Pisang bisa membantu mengatasi beberapa penyakit. Misalnya pada pasien hipokalemi disarankan untuk banyak makan pisang. Contoh lainnya pada pasien dengan periodik paralisis, atau pada pasien diare,” tutur alumnus Universitas Andalas itu.

Alit menambahkan, pisang selain mengandung banyak kalium, bagus untuk mengganti cairan yang hilang serta bagus untuk memadatkan kotoran Buang Air Besar (BAB).

Baca juga: Demi Menghidupkan Kembali Kampung Pisang

Related News