• 29 March 2024

Sejuta Manfaat Sabut Kelapa untuk Tanaman

uploads/news/2021/11/serabut-kelapa-untuk-menyuburkan-12780a8f742e817.jpg

“Cocofiber banyak digunakan para petani khususnya oleh saya sebagai pembudidaya tanaman hias, untuk menjaga media tanam agar selalu rapih dan tidak berantakan. Kemudian kalau untuk menghadapi musim hujan, biasanya menggunakan coco block”

Perkebunan kelapa merupakan salah satu perkebunan yang paling luas di Indonesia, bahkan perkebunan kelapa Indonesia menjadi perkebunan kelapa terbesar nomor 2 di dunia setelah India dengan luas 2,3 juta hektar.

Tak hanya itu, perkebunan kelapa menjadi perkebunan yang paling potensial karena pohon kelapa sangat banyak sekali manfaatnya. Pohon kelapa sering disebut pohon kehidupan karena semua komponennya dapat diolah lebih lanjut menjadi produk industri yang bervariatif, mulai buah, daun, batang bahkan sampai sabut kelapanya.

Baca juga: Mengonsumsi Air Kelapa saat Haid

Selama ini sabut kelapa masih dianggap sebagai limbah, hanya daging buahnya saja yang banyak dimanfaatkan sehingga produktifitasnya masih rendah padahal di luar negeri sabut kelapa merupakan bagian kelapa yang menghasilkan produktifitas tinggi melalui pengolahan yang dilakukan salah satunya di negara India.

Baca juga: Memanfaatkan Limbah Kelapa untuk Tanaman

Nah, sabut kelapa ini bisa dijadikan produk turunan untuk perlengkapan pertanian dan menjadi media tanam seperti cocofiber dan cocopeat.

“Cocofiber banyak digunakan para petani khususnya oleh saya sebagai pembudidaya tanaman hias, untuk menjaga media tanam agar selalu rapih dan tidak berantakan. Kemudian kalau untuk menghadapi musim hujan, biasanya menggunakan coco block,” tutur Asep, salah satu pembudidaya tanaman adenium saat ditemui Jagad Tani di Kampung Sembung RT. 09/RW. 06 Kelurahan Cikokol, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Provinsi Banten.

Baca juga: Manfaat Sebenarnya dari Air Kelapa

Lebih lanjut, pria berusia 31 tahun itu mengatakan, alasannya menggunakan cocofiber karena serabut kelapa ini dinilai ampuh menjaga kelembapan koleksi tanaman hiasnya.

“Jadi pakai cocofiber ini untuk membantu perkembangan tanaman. Diletakkan disekitar batangnya, diatas media tanamnya untuk mempertahankan kelembapannya,” ungkapnya.

Selain itu, kata Asep, cocofiber bisa dijadikan lapisan atas media tanam untuk mempercantik tanaman dan sebagai pengganti batu coral. Kebanyakan orang mungkin lebih umum mengenal sabut kelapa untuk bahan bakar sebelum adanya kompor minyak dan kompor gas.

"Biasanya orang-orang gunakan sabut kelapa untuk bakar daging, sate dan lain-lain. Padahal sabut kelapa ini memiliki Ph netral yang bagus untuk menyuburkan tanaman, khususnya untuk tanaman bunga dan sayur," tutupnya.

Baca juga: Manfaat Ampas Kopi Jangan Dibuang

Related News