• 2 May 2024

Tips Membuat Aquascape Low Budget

uploads/news/2021/11/tips-membuat-aquascape-low-45694bbfc11040a.jpg

"Membuat aquascape itu mudah bisa dilakukan oleh siapa saja, modalnya kalau untuk pemula ya misalnya aquarium ukurannya 30 cm x 15 cm cukup dengan Rp 200 ribu rupiah sudah bisa jadi aquascape yang bagus"

Memiliki akuarium yang berisi ikan hias dapat menjadi dekorasi cantik bagi rumah kita. Apalagi jika akuarium yang kita miliki dibuat dengan konsep aquascape yang secara khusus dibuat seperti habitat asli ikan di dalam laut. Dengan konsep demikian, dijamin suasana dalam ruangan akan terasa lebih asri dan hidup.

Membuat konsep aquascape untuk dekorasi ruangan pun tidaklah terlalu sulit. Cara membuat aquascape bisa dibilang mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun, termasuk bagi Sahabat Tani sebagai pemula di bidang ini. Sahabat Tani pun bisa membuat aquascape dengan modal yang tidak terlalu banyak.

Nana, pemilik Gudang Batu Aquascape yang terletak di Desa Pamegarsari, Kecamatan Parung, Bogor, Jawa Barat ini memberikan tips untuk Sahabat Tani yang ingin mmebuat aquascape dengan modal yang minim. “Membuat aquascape itu mudah bisa dilakukan oleh siapa saja, modalnya kalau untuk pemula ya misalnya aquarium ukurannya 30 cm x 15 cm cukup dengan Rp 200 ribu rupiah sudah bisa jadi aquascape yang bagus,” ujarnya.

Baca juga: Mengenal dan Memelihara Aquascape

Setelah memiliki modal kurang lebih Rp 200 ribu, langkah selanjutnya dalam membuat aquascape adalah mengatur bagian dasar akuarium. Taburi dasar akuarium dengan pasir yang sudah disiapkan. Untuk jenis pasirnya sendiri Nana mengatakan, “sebaiknya kalau untuk pemula memilih pasir yang berjenis silika. Biasanya harga pasir silika kalau di saya dijual dengan kisaran harga Rp 5 ribu – 10 ribu per kilogram kalau per karung Rp 50 ribu,” jelas Nana.

Idealnya dalam langkah kedua cara membuat aquascape ini, ketebalan pasir yang ditabur ke permukaan akuarium kira-kira sekitar dua sampai tiga sentimeter, sedangkan untuk bagian pinggir akuarium lebih baik memiliki dasar pasir yang lebih tebal. Sementara itu, pada bagian tengah permukaannya sebaiknya pasir dibuat melekuk.

Selanjutnya, setelah pasir diletakkan taburkan pupuk ke dalam cekungan di bagian tengah. Tujuannya agar tanaman yang akan ditaruh di dalam akuarium dapat tumbuh dengan subur. Begitu pupuk sudah ditaburkan, jangan lupa tutup dengan pasir agar tumpukan pupuk tak terlihat dari luar akuarium.

Baca juga: Standar Perawatan Aquascape yang Sebenarnya

Masuk ke tahap paling seru, yaitu menghias akuarium. Sahabat Tani bisa menatanya dengan kayu dan bebatuan sesuai dengan preferensi. Batu hias bisa didapatkan dengan harga yang beragam, sekitar Rp 10 ribu sampai Rp 50 ribu.

“Bisa juga kalau ingin menambah hiasan tanaman, masukkan sedikit air sekitar seperempat akuarium, kemudian tanam tumbuhan secara bertahap. Tanaman hias untuk aquascape harganya sekitar Rp 15 ribu, tergantung selera maunya seperti apa,” ujar Nana

Nana juga mengingatkan, jika tanaman dan bebatuan sudah tertata rapi, maka akuarium bisa diisi penuh dengan air bersih. Sisakan bagian atas kurang lebih lima sentimeter.

Baca juga: Mengintip Agen Aquascape Terbesar se-Indonesia

Related News