• 15 June 2024

Manfaat Ikan Guppy Untuk Budidaya Lobster

Penggunaan ikan guppy pada kolam lobster ini sangat cocok. Karena sisa-sisa pakan lobster akan dimakan olehnya, jadi airnya tidak cepat kotor

Lobster air tawar merupakan hewan nocturnal yang hanya bergerak aktif di malam hari. Lobster jenis ini mudah dibudidayakan sebab habitat aslinya berada di sungai dan perairan tawar. Namun, sayangnya hingga kini budidaya lobster air tawar masih sedikit dan terbatas, sehingga permintaan pasar tinggi sedangkan stoknya sedikit. Dalam budidaya lobster air tawar, peran ikan guppy sangat berguna untuk kelangsungan hidupnya. Mengapa demikian? 

Mauda Irvan Hakim, salah satu pembudidaya lobster air tawar ini mengaku memanfaatkan ikan guppy pada pembersihan kolam lobster miliknya. “Penggunaan ikan guppy pada kolam lobster ini sangat cocok. Karena sisa-sisa pakan lobster akan dimakan olehnya, jadi airnya tidak cepat kotor. Lebih mudah dalam pembersihan kolam, baik indoor maupun outdoor,” ucap Irvan kepada reporter Jagad Tani, saat ditemui di JL. Statistika, Kecamatan Pagedangan BSD, Kota Tangerang Selatan.

Baca juga : Ini Bedanya Budidaya Udang Dan Lobster

Rupanya, keberadaan ikan guppy sangat menguntungkan bagi pembudidaya lobster air tawar. Sehingga tidak perlu menguras air kolam sesering mungkin, karena telah dibersihkan ikan guppy. Namun, pembersihan kolam tetap dilakukan, hanya saja kotoran yang ada tidak akan terlalu banyak dan menumpuk.

Selain itu, bisa lebih hemat dalam pengeluaran pakan. Jadi, tidak perlu lagi memberi pakan khusus ikan gupy ini tetap dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Pria kelahiran 1995 ini menambahkan, “ikan guppy memang cocok dikolaborasikan. Karena tubuhnya kecil dan lincah, membuat lobster tidak mudah terganggu. Selain itu, ikan-ikan kecil lainnya juga cocok. Namun kalau ikan cupang saya tidak rekomendasikan, karena ikan cupang lebih besar ukurannya dan gerakkannya lebih lambat,” katanya.

Baca juga : Tips Jitu Pakan Pembesaran Lobster

Faktanya, lobster air tawar dapat bertahan hidup di area kolam yang luas. Baginya, semakin luas kolam, semakin baik juga pertumbuhan lobster. “Sama seperti manusia, saat di tempatkan di lingkungan yang sempit maka akan mudah stres dan mudah sakit, begitupun juga dengan lobster air tawar yang mudah stres sehingga membutuhkan tempat persembunyian di dalam kolam,” jelasnya.

Memiliki ketahanan tubuh yang kuat, hewan krustasea ini tidak mudah terserang penyakit. Jika sakit pun bukan karena daya tahan tubuhnya yang lemah tetapi karena faktor lingkungan dan pakan yang dikonsumsi.

Baca juga : Pentingnya Terumbu Karang Bagi Lobster

Related News