• 6 October 2022

Kiat Sukses Budidaya Udang Red Bee

“Sebenarnya untuk budidaya udang jenis ini gampang-gampang susah ya. Bisa dikatakan susah karena harus teliti dan memberikan perhatian lebih kepada kualitas airnya”

Udang red bee adalah udang jenis air tawar yang cantik dan populer serta jadi udang hias favorit dalam hobi aquascape. Awalnya diternak secara selektif di Jepang. Kemudian mereka dikenal dengan nama ‘red bee shrimp’ di beberapa bagian Asia.

Riyadul Hakim, salah satu peternak udang red bee asal Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Bogor, Jawa Barat yang telah berhasil membudidayakan udang red bee. Ia mulai mencoba budidaya sejak 2017. Kata Riyadul, membudidayakan jenis udang ini termasuk gampang-gampang susah karena jenis udang red bee memerlukan air dengan kualitas yang mendekati sempurna.

“Sebenarnya untuk budidaya udang jenis ini gampang-gampang susah ya. Bisa dikatakan susah karena harus teliti dan memberikan perhatian lebih kepada kualitas airnya. Air menjadi salah satu faktor yang sangat penting untuk proses budidaya udang red bee,” katanya.

Baca juga: Ini Bedanya Budidaya Udang dan Lobster

Walaupun demikian, Riyadul mengaku ternak udang red bee cukup menjanjikan. Bahkan dalam sebulan, udang di peternakannya bisa habis terjual sebanyak 8000 – 20.000 ekor per bulan. “Peminatnya banyak sebenarnya. Ada yang jual eceran, ada juga yang langsung angkut banyak. Ada pembeli yang rutin angkut banyak satu kali dalam seminggu dan itu pun biasanya ambil 2000 ekor per minggu, bahkan bisa lebih sampai 5000 ekor,” ungkapnya.

Jenis udang redbee mampu bertelur sampai dengan 30 anakan. Kata Riyadul, Sahabat Tani bisa tunggu hasil panen selama 3 bulan. Bila diperhatikan secara fisik, jenis udang ini memiliki model belang-belang dengan warna merah dan putih sebagai ciri khasnya. Suhu terbaik untuk udang red bee haruslah tetap dalam keadaan dingin. Suhu dingin ini akan memberikan warna yang baik dan terang pada udang red bee.

Riyadul membagikan beberapa tips mudah budidaya udang red bee khusus kepada Jagad Tani. “Bisa ikut budidaya udang jenis red bee ini kalau memenuhi beberapa syarat. Yang pertama, ada mata airnya. Itu yang paling utama. Karena kebutuhan air yang bersih itu sangat penting bagi kehidupan udang jenis ini,” tegasnya.

Baca juga: Jenis Ikan Air Tawa Nokturnal

Selain itu, pria berusia 23 tahun ini menjelaskan, syarat berikutnya yang penting untuk Sahabat Tani catat yaitu menjaga pola makan udang. Biasanya, Riyadul hanya memberikan sayur sawi kepada udang red bee. “Pakannya mudah, hanya pakai sayur saja itu pun sayur sawi yang mudah dibudidayakan dan mudah didapatkan,” jelasnya.

Kata Riyadul, untuk pemberian pakan udang Sahabat Tani bisa berikan sawi selama 3 – 4 hari sekali, tergantung dari cepat habis atau tidaknya persediaan sayur yang diberikan. “Pemberian pakan bukan secara rutin, melainkan dilihat apakah masih tersedia atau tidak. Jadi kalau habis, harus segera diisi. Kalau belum habis, tidak perlu ditambah,” ungkapnya.

Kemudian Riyadul menambahkan, tips berikutnya bila membudidayakan udang red bee, Sahabat Tani haru telaten dalam perawatan kolam udang dengan memastikan bahwa aliran air tetap tersedia. “Selalu pastikan bahwa air selalu mengalir, sehingga kebutuhan udang terpenuhi dan tidak akan cepat mati,” tutupnya.

Baca juga: Ungkap Ikan Datz Gosong di Akuarium

Related News