• 5 May 2024

Begini Hukumnya Memakan Daging Kuda

Kalau dilihat-lihat kuda ini bukan binatang yang menjijikan, bahkan kuda menjadi alat untuk mencari rezeki bagi masyarakat saat ini. Jadi boleh kita makan daging kuda,”

Mengkonsumsi daging kuda, memang merupakan hal unik untuk diperbincangkan. Sebab, masyarakat Indonesia sendiri masih jarang mengkonsumsi hewan yang satu ini. Umumnya, kuda merupakan hewan yang dimanfaatkan sebagai tunggangan atau untuk alat transportasi zaman kuno. Selain itu, daging kuda juga sering dimanfaatkan untuk menurunkan kolesterol hingga menjaga stamina dalam tubuh. Lantas, apakah daging kuda boleh di makan?

Baca juga : Kenali Kolik, Penyakit Mematikan pada Kuda

Muhammad Shaufi El Mahbub, salah satu Ustadz sekaligus dosen Agama Islam di sebuah Universitas menerangkan, “kalau dilihat dari fikih mengkategorikan binatang haram, salah satu ciri-cirinya ialah binatang yang menjijikan. Kalau dilihat-lihat kuda ini bukan binatang yang menjijikan, bahkan kuda menjadi alat untuk mencari rezeki bagi masyarakat saat ini. Jadi boleh kita makan daging kuda,” ucap Shaufi kepada reporter Jagad Tani, melalui sambungan telepon.

Baca juga : Ini Hewan-hewan Kesayangan Nabi Muhammad

Selain sapi, kambing, kerbau dan domba nyatanya hewan ternak kuda pun dijadikan olahan makanan. Apalagi daging kuda dikenal memiliki cita rasa unik dan mengandung banyak nutirisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa negara telah menjadikan daging kuda sebagai menu hidangannya. Di Indonesia daging kuda biasanya diolah menjadi sate.

Shaufi juga menambahkan, “tapi masyarakat Indonesia masih jarang yang mengkonsumsi lantaran tenaganya kuat sehingga lebih banyak digunakan untuk alat mencari rezeki, dan membajak sawah” pungkasnya. Kuda juga dikenal sebagai hewan peliharaan mahal yang membutuhkan banyak perawatan mulai dari tubuh, nutrisi, bulu dan kandang. Tak heran, dapat memelihara kuda dianggap sebagai simbol kemewahan.

Baca juga : Penyakit Berbahaya Pada Kuda Pekerja

Tak hanya itu, daging kuda memiliki tekstur empuk dan manis saat dikonsumsi. Kandungan proteinnya tinggi dan rendah lemak serta non kolestrol. Selain itu, daging kuda juga mengandung kalsium yang baik untuk menyehatkan gigi dan tulang. Mengkonsumsi daging kuda, bermanfaat untuk membentuk otot dan meningkatkan stamina. Sehingga, daging kuda dipercaya dapat meningkatkan kejantanan pria, loh.

Baca juga : Kisah Ironis Kuda Pekerja Delman

Daging kuda juga sebagai kuliner khas Indonesia salah satunya di daerah Sulawesi Selatan. Disana, daging kuda disajikan untuk acara pesta. Di beberapa warung makan juga menyediakan daging kuda untuk dijadikan santapan. Selain itu, warga sekitar yang mengkonsumsi daging kuda, menganggap hal tersebut sudah menjadi tradisi.

Related News