• 26 April 2024

Begini Alasan Madu Berbeda Warna

“Penyebab madu memiliki banyak warna karena lebah itu terdiri dari beberapa jenis, sehingga menghasilkan warna madu yang beragam juga”

Madu merupakan cairan pemanis alami yang diproduksi oleh lebah. Teksturnya kental dan terdapat beragam warna, madu dipercaya dapat menjadi suplemen alami yang menyehatkan tubuh. Terkadang, dari banyaknya warna pada madu membuat kita bingung dan memiliki asumsi tersendiri tentang madu. Nah Sahabat Tani, sebenarnya tau nggak sih yang menjadi penyebab warna madu berbeda?

Baca juga : Ini Faktanya Lebah Betina Dan Jantan

Sholeh, salah satu Beekeeper di daerah Desa Paseban, Kecamatan Megamendung, Kota Bogor menjelaskan perbedaan warna pada madu. “Penyebab madu memiliki banyak warna karena lebah itu terdiri dari beberapa jenis, sehingga menghasilkan warna madu yang beragam juga. Jadi tidak bisa dikategorikan berdasarkan warna saja,” jelas Sholeh kepada Jagad Tani, saat ditemui di lokasi budidaya lebah madu miliknya.

Itu tergantung dari daerah dan lebah menghisap nektar dari mana. Yang biasa dikatakan nektar itu dari bunga, jadi biasanya bunga yang dihisap pun bermacam-macam jenisnya, Ada nektar yang berwarna kuning dan kecokelatan,” tambahnya.

Di Indonesia, madu memiliki warna bervariasi dan semua madu murni tidak memiliki warna yang sama, seperti pada madu lebah klanceng, warnanya kecokelatan sedangkan madu pada jenis lebah lokal (Apis cerana) berwarna kuning.

Baca juga : Budidaya Madu Klanceng Yang Menggiurkan

Bermacam jenis bunga yang dihisap lebah pun menjadi faktor warna madu berbeda. Sebab, pada madu yang berwarna kuning lebah mengisap nectar dari bunga kaliandra, sedangkan pada madu yang berwarna cokelat gelap itu umunya madu hutan. Sehingga, menjadikan warna madu yang dihasilkan pun berbeda.

Baca juga : Ini Efek Samping Dari Sengatan Lebah

Selain itu, warna madu juga akan berubah saat disimpan terlalu lama. Jadi pada madu yang berwarna gelap dilakukan penyimpanan yang memakan waktu lama. Rasa yang dihasilkan pun berbeda-beda. Biasanya, lebah madu yang menghisap beberapa jenis nektar bunga akan menghasilkan madu yang manis.

Baca juga : Manisnya Omzet Madu Sialang

Sedangkan lebah yang menghisap bunga randu akan cenderung menjadikan rasa madu asam. Dalam hal ini, beberapa peternak lebah akan mencampurkan rasa manis tambahan agar madu terasa manis. Nah, bagi Sahabat Tani yang ingin memilih madu jangan bingung lagi terhadap perbedaan warnanya, karena meski berbeda warna khasiatnya pun tetap sama.

Related News