• 24 July 2024

Ini Langkah Mudah Perawatan Sugar Glider

uploads/news/2021/11/ini-langkah-mudah-perawatan-32775e80860c439.jpg

Meski menyukai makanan manis, sugar glider tetap membutuhkan kadar nutrisi yang cukup seperti protein, lemak, dan mineral.

Sugar glider merupakan jenis hewan mamalia yang memiliki kantung menyerupai kangguru. Meski tubuhnya kecil dan gerakkannya lincah, hewan nokturnal ini banyak dipelihara. Apalagi, di masa pandemi ini mengharuskan kita memiliki sejumlah kegiatan selama di rumah. Maka, memelihara sugar glider lah jadi salah satunya.

Anang Panji Kumbara, salah satu breeder hewan bernama latin Petaurus breviceps ini menjelaskan perawatannya mudah. “Untuk perawatan menurut saya sangat lah mudah dan sederhana, yang penting selalu menjaga kebersihan kandang setiap hari,” tutur pria yang akrab dipanggil Anang kepada reporter Jagad Tani, melalui sambungan telepon.

Baca juga : Prospek Menjanjikan Beternak Sugar Glider

Kebersihan kandang lebih baik dilakukan setiap hari agar terhindar dari sumber penyakit yang bisa menyerang sugar glider milik kita, namun jika untuk keseluruhan kandang bisa dibersihkan sebulan sekali,” imbuhnya.

Hewan penyuka makanan manis ini senang berpindah tempat ke tempat lainnya dengan cara meluncur. Untuk menghindari penyakit dan kematian, Sahabat Tani perlu mempelajari dan mengenal sugar glider terlebih dahulu. Baginya, dengan menyiapkan kandang yang sesuai dengan kebutuhan sugar glider merupakan hal yang perlu diperhatikan.

Baca juga : Iguana Morph Si Reptil Eksotis

Sebab, hewan kecil ini senang bergerak dan meluncur sehingga membutuhkan kandang yang berukuran besar. Karena sifatnya yang suka memanjat dan merentangkan kaki, disarankan memilih jenis kandang yang terbuat dari jaring atau jeruji horizontal. Sebaliknya, tidak disarankan menggunakan kandang yang terbuat dari baja galvanis yang mudah berkarat dan bisa menyebabkan sugar glider terinfeksi kandung kemih.

Baca juga : Trik Bisnis Cerdas Ala BFC

Pria kelahiran 1995 ini menambahkan untuk pemberian pakannya menggunakan bubur sun, campuran buah serta serangga kecil. Hewan asal Australia ini menyukai kadal, serangga kecil, telur burung dan sebagainya. Meski menyukai makanan manis, sugar glider tetap membutuhkan kadar nutrisi yang cukup seperti protein, lemak, dan mineral. Dengan memberikan pakan bubur sun dapat mempercepat pencernaannya. Selain itu, hewan ini juga menyukai makanan yang lembut tidak seperti pelet.

Baca juga : Katak Mini Baru Dari Sumsel

Namun, untuk pemberian pakan tersebut Sahabat Tani perlu memastikan pakan yang diberikan tidak mengandung zat pewarna, pemanis buatan dan bahan pengawet lainnya. Ada beberapa makanan yang berbahaya seperti permen, cokelat dan sejenis gula lainnya yang membahayakan kesehatan.

 

Related News