• 13 June 2024

Perhatikan Penyakit pada Sugar Glider

Sebenernya penyakit ada banyak sekali, namun saya hanya memberikan dua penyakit saja yang memang menjadi langganan sebagian besar penghobi maupun breeder,

Memelihara hewan, tentu tidak luput dari menjaga kesehatannya. Salah satunya sugar glider. Hewan jenis marsupial ini memiliki rentan hidup yang lama sekitar 9-10 tahun. Meski dapat hidup lama, sugar glider tetap membutuhkan perawatan sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Anang Panji Kumbara, salah satu breeder asal Jakarta ini menjelaskan beberapa penyakit yang sering dialami sugar glider. “Penyakit pada sugar glider ada karang gigi dan kedua over grooming. karang gigi bisa disebabkan karena pemberian pakan seperti bubur sun terlalu padat atau tidak larut,” kata Pria yang akrab disapa Anang kepada reporter Jagad Tani, melalui pesan singkat.

Baca juga : Ini Langkah Mudah Perawatan Sugar Glider

Selain itu, penyakit karang gigi juga bisa datang karena penumpukkan sisa makanan pada gigi atau pun area bawah lidah yang dapat menyebabkan bau mulut serta pembengkakkan pada rahang atau sekitar wajah. Menurutnya, cara penyembuhan pada karang gigi sugar glider ada beberapa opsi produk dari hello pro dan kita bisa treatment dengan memberikan buah dan sesuatu benda yang bisa dikikis oleh gigi sugar glider.

Baca juga : Prospek Menjanjikan Beternak Sugar Glider

Pada kasus ini, berakibat menurunkan tingkat kesehatan dan daya tahan tubuhnya. Maka untuk mencegahnya, bagi Sahabat Tani yang hendak memelihara sugar glider perlu memperhatikan pemberian pakan dan kebersihan giginya. Agar bakteri tidak bersarang dan menyebabkan kematian.

Selanjutnya, over grooming salah satu penyakit yang disebabkan oleh pemberian protein hewan atau serangga dalam jumlah banyak. Tetapi bisa juga karna stres tidak memiliki pasangan hidup berkepanjangan serta tidak menjaga kebersihan kandang. Grooming merupakan cara mandi sugar glider. Biasanya, hewan kecil ini akan menaampilkan keadaan sedang menjilati tubuhnya dari debu dan kotoran.

Namun, hal ini tidak efektif untuk mengangkat kotoran pada bulunya. Maka perlu memandikannya, tetapi tidak dengan cara berlebihan sebab, bulu tubuhnya akan rontok. Selain itu, pembersihan kandang juga perlu diperhatikan agar sugar glider bisa hidup dengan bersih dan bebas dari penyakit. Cara pengobatan penyakit ini dengan mensterilkan kandang dan memberhentikan pemberian protein untuk sementara waktu.

Baca juga : Trik Bisnis Cerdas Ala BFC

Lebih lanjut, pria kelahiran 1995 ini menambahkan, “sebenarnya penyakit ada banyak sekali, namun saya hanya memberikan dua penyakit saja yang memang menjadi langganan sebagian besar penghobi maupun breeder,” imbuhnya.

Related News