• 5 May 2024

Intip Rahasia Sukses Beternak Bebek Lokal

uploads/news/2021/11/bebek-lokal-506952f9d9a1d3c.jpg

Bebek Lokal merupakan salah satu unggas yang banyak digemari oleh masyarakat. Jenis bebek ini banyak diternakkan untuk dimanfaatkan dagingnya. Banyak masyarakat menyukai daging bebek karena tekstur daging yang lembut.

Bebek merupakan istilah umum untuk beberapa spesies burung dalam famili Anatidae yang mana disana juga termasuk angsa dan itik.

Sahabat Tani bisa temukan bebek di perairan air tawar maupun air laut. Ciri-ciri bebek paling utama adalah memiliki leher yang panjang namun tak sepanjang angsa. Lalu bentuk tubuh bebek membulat dan sangat menyukai air. Ada berbagai jenis bebek yang bisa Sahabat Tani temui, salah satunya bebek lokal.

Bebek Lokal merupakan salah satu unggas yang banyak digemari oleh masyarakat. Jenis bebek ini banyak diternakkan untuk dimanfaatkan dagingnya. Banyak masyarakat menyukai daging bebek karena tekstur daging yang lembut. Selain memiliki tekstur daging yang lembut ternyata dagingnya juga rasanya gurih.

Bebek lokal sendiri mempunyai jenis yang cukup banyak. Diantaranya adalah Bebek Magelang, Bebek Karawang, Bebek Mojosari, Bebek Bali, Bebek Alabio, Bebek Turi, Bebek Pitalah dan Bebek Cihateup. Bebek juga berkembang biak dengan cara bertelur. Bebek tersebut memiliki populasi terbanyak dari jenis bebek lainnya.

“Daging bebek lokal itu juga banyak digemari masyarakat, namun biasanya orang-orang mengonsumsi daging bebek lokal untuk skala konsumsi rumahan maupun rumah makan sederhana dan pedagang kaki lima," ungkap Syaugi, peternak bebek di Pamulang.

Beternak bebek pedaging merupakan kegiatan yang cukup mudah untuk diterapkan, baik untuk masyarakat pedesaan maupun daerah kota. Dengan pemeliharaan yang memanfaatkan lahan sempit ataupun kecil pun juga bisa diterapkan. Bebek memang banyak diunggulkan karena produktifitas dagingnya yang tumbuh dengan baik serta pesat. Tidak hanya dagingnya saja yang menjadi unggulan tetapi telurnya pun juga tidak kalah tinggi produktifitasnya.

Baca juga: Kotoran Bebek Bisa Membawa Untung

Pakan dan dan minum dapat menunjang keberhasilan dalam pemeliharaan bebek pedaging sekitar 60%. Untuk menghasilkan bebek dengan berat badan yang layak untuk dijual, peternak perlu menyediakan pakan yang sesuai dengan syaratnya yaitu penggunaan konsentrat atau voer. Pakan mengandung nutrisi sangat dibutuhkan oleh bebek.

Dalam pemberian minum untuk ternak bebek, peternak juga harus selalu memperhatikan tentang kebersihan air yang digunakan. Usahakan air yang digunakan berupa air mengalir dan perlu digani setiap harinya. Agar menunjang kesehatan dan pertumbuhan bebek agar lebih baik, maka pemberian multivitamin sangat disarankan. 

Keberhasilan dalam pemeliharaan juga sangat menentukan faktor pemeliharaan. Pemeliharaan dengan sistem intensif diyakini lebih menghasilkan bebek dengan produktivitas yang tinggi jika dibandingkan dengan sistem pemeliharaan dengan sistem semi intensif atau ekstensif yang pada umumnya hanya diumbarkan saja sehingga pakan dan minum belum sepenuhnya terperhatikan oleh peternak. Faktor pemeliharaan mempengaruhi 20% dari keberhasilan beternak bebek pedaging.

Kandang dengan sistem sanitasi yang baik dan ventilasi yang lancar juga mempengaruhi keberhasilan pemeliharaan bebek sekitar 20%. Sistem kandang yang baik akan mempengaruhi produktivitas karena kandang merupakan tempat tinggal, tempat mengasuh anakan bebek, pembesaran bebek, tempat untuk beraktivitas bebek dan tempat menyilangkan bebek. Dengan membuat kandang dengan sanitasi dan ventilasi yang baik tentu bebek akan merasa nyaman dan tidak mudah sakit.

Baca juga: Bebek Hibrida, Bebek Paling Cepat Panen

Related News