• 15 April 2024

Ini Udang Hias Paling Populer

uploads/news/2021/12/ini-udang-hias-paling-35382d0577c5d5c.JPG

“Peminatnya banyak, bahkan waktu itu permintaan udang red bee bisa mencapai 5000 ekor dalam satu minggu”

Aquascape memiliki banyak elemen pelengkap, diantara adalah udang hias. Saat ini, udang hias menjadi salah satu elemen aquascape yang memiliki banyak sekali peminatnya. Warna dan motifnya yang cantik membuat akuarium jadi terlihat semakin menyenangkan dipandang. Selain untuk mempercantik akuarium, udang hias juga berjasa membersihkan algae.

Karena banyak diincar oleh para penghobi aquascape, hobi baru ini berkembang menjadi bisnis yang cukup pesat. Namun, masih sedikit yang menjadi peternak udang hias. Kebanyakan hanya untuk merawat udang hias saja.

Baca juga: Sejarah Red Bee, Udang Hias Terlaris

Nah, salah satu udang hias yang paling populer dan banyak diburu para penghobi aquascape adalah jenis red bee. Udang jenis Caridina ini memiliki warna terang merah putih dengan model belang. Udang ini biasanya memiliki beberapa grade, semakin banyak warna putih semakin bagus dan mahal udang ini.

Selain red bee, black bee juga menjadi salah satu udang hias yang juga banyak dicari. Keduanya masih dalam satu jenis Caridina dan dua-duanya juga memerlukan kualitas air yang mendekati sempurna untuk bisa di budidayakan.

Menurut Riyadul Hakim, salah satu peternak udang hias red bee dan black bee, udang hias ini membutuhkan air yang mengalir agar bisa bertahan hidup. “Tempat budidaya yang bagus jika ingin ternak udang red bee adalah yang dekat dengan mata air,” ungkapnya kepada Jagad Tani.

Baca juga: Kiat Sukses Budidaya Udang Red Bee

Pria yang akrab dipanggil Riyad ini mengatakan, karena banyak dicari oleh para penghobi aquascape, permintaan udang red bee di peternakannya bisa mencapai 2000 ekor dalam satu minggu. “Peminatnya banyak, bahkan waktu itu permintaan udang red bee bisa mencapai 5000 ekor dalam satu minggu,” ungkap Riyad.

Kata pria berumur 23 tahun itu, udang red bee juga bisa mengalami stres. Saat stres, warna di tubuhnya akan menghilang dan hal ini terjadi biasanya saat pengangkutan. Nantinya, warna tubuhnya akan kembali cerah saat sudah beradaptasi dengan tempat tinggal barunya.

“Jika warnanya mulai pudar, segera pindahkan udang red bee ke bak dengan diisi air yang mengalir agar warna udang red bee kembali cerah,” tutupnya.

Baca juga: Ini Bedanya Budidaya Udang dan Lobster

Related News