• 25 April 2024

Cara Cepat Mengembangbiakan Ikan Lele

uploads/news/2019/11/cara-cepat-mengembangbiakan-ikan-42324617f1145e3.png

Oodev merupakan hormon yang membuat ikan cepat berkembang biak tanpa menunggu masa kawinnya.

TULANGBAWANG BARAT - Dinas Perikanan Kabupaten Tulangbawang Barat, Provinsi Lampung, mengajak dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor (IPB) University, Dr. Agus Oman Sudrajat, melakukan sosialisasi budidaya ikan lele menggunakan hormon oodev kepada masyarakat dan para siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Sosialisasi tersebut dilakukan Agus di hadapan 32 peserta, yaitu dari Dinas Perikanan Kabupaten Tulangbawang Barat, penyuluh perikanan, dan pelajar SMK. Agus yang menemukan inovasi hormon oodev menjelaskan, oodev merupakan hormon yang membuat ikan cepat berkembang biak tanpa menunggu masa kawinnya.

“Beberapa jenis ikan yang bisa memanfaatkan hormon oodev adalah ikan lele, mas, patin, nila, gabus, betok, belut, dan udang,” katanya dalam keterangan resmi IPB, Jumat (29/11).

Baca juga: Budidaya Lele dengan Manik Bule

 

Sementara itu, Kepala Bidang Perikanan Budidaya Dinas Perikanan Kabupaten Tulangbawang Barat, Setyono Jati Utomo mengatakan, sosialisasi ini dapat menambah wawasan bagi para petani ikan untuk meningkatkan potensi perikanan di Kecamatan Tulangbawang Udik. Pada kesempatan itu, Setyno juga mengusulkan para petani ikan untuk membentuk kelompok budidaya yang dapat bersama dengan pembagian tugas yang berbeda.

“Adanya kegiatan budidaya ini dapat memberikan keuntungan lebih besar dari sebelumnya pada setiap pelaku usaha dan memiliki target pasar yang luas,” ujarnya.

Setyono juga berharap, agar sosialisasi penggunaan hormon oodev ini dapat memotivasi para petani ikan budidaya untuk segera menggunakannya untuk meningkatkan produksi hasil panen ikan. Pada kesempatan itu, Agus juga mempraktikkan bagaimana pemberian hormon oodev yang dicampur bersama pakan ikan.

Related News