• 10 May 2024

7 Bonsai Termahal Versi 2022

uploads/news/2022/01/7-bonsai-termahal-versi-1458679dfc4727a.jpeg

Kecintaan pada hobi tidak akan terbatas apapun, milyaran rupiah dapat terabaikan demi memenuhi hasrat.

Bagi penghobi tanaman hias, bonsai dianggap sebagai kasta tertinggi. Dengan kesulitannya dalam berbagai aspek untuk membuat tanaman berbentuk sedemikian rupa dan membutuhkan waktu bertahun-tahun. Bahkan usia bonsai yang dapat mencapai lebih dari seabad juga salah satu faktor penilaiannya.
Bonsai juga dianggap menjadi salah satu tanaman yang tidak mengalami pasang surut nilai jualnya. Istilahnya bukan tanaman musiman yang sewaktu-waktu harganya turun drastis. Terlebih bonsai merupakan pohon yang membutuhkan perhatian khusus agar tumbuh kembang dengan baik. 

Berikut 7 jenis bonsai termahal untuk tahun 2022:

Bonsai Pinus

Bonsai Pinus menjadi tanaman termahal karena faktor usia yang mencapai lebih dari seabad. Seperti yang diinfokan oleh Bonsai Tonight, harga Bonsai Pinus dapat mencapai antara US$ 50 hingga US$ 1,3 juta atau setara dengan Rp700.000 hingga Rp 18,5 miliar.H

arga cukup fantasis untuk sebuah bonsai, mungkin lantaran jenis bonsai pinus tidak dapat sembarang orang yang dapat menanamnya. Bonsai Pinus tidak cocok bagi penghobi bonsai pemula. Bonsai Pinus termasuk yang paling sulit dipahami, ditata, dipangkas hingga cukup terpengaruh oleh faktor iklim.

Bonsai Sargent Juniper

Masahiko Kimura, seorang seniman bonsai pemilik Bonsai Sargent Juniper yang diperkirakan telah berusia lebih dari 250 tahun. Dengan usia tersebut, sangat wajar bila Bonsai Sargent Juniper memiliki nilai jual mencapai US$ 350 ribu atau sekitar Rp 4,9 miliar. Angka yang fantastis untuk sebuah tanaman.

Old Pine Bonsai Tree

Diurutan ketiga untuk bonsai dengan harga termahal ditempati Old Pine Bonsai Tree. Jenis bonsai ini berasal dari pohon pinus putih. Old Pine Bonsai Tree berhasil terjual senilai Rp 13,1 milliar dalam pameran bonsai Asia Pasifik di Takamatsu, Jepang. Dengan harga tersebut, dapat dikatakan pohon bonsai dari jenis pinus memiliki nilai jual cukup tinggi.

Bonsai Shunkaen

Pernah ditawar mencapai US$ 90 ribu atau sekitar Rp 1,2 miliar, Bonsai Shunkaen milik dari seniman bonsai, Kunio Kobayashi. Dinamakan bonsai Shunkaen karena bonsai ini berasal dari kota Shunkaen yang keberadaannya tidak jauh dari Tokyo, Jepang. Bonsai ini tercatat sebagai bonsai termahal pertama di dunia.

Bonsai Shunkaen milik Kunio Kobayashi telah berusia sekitar 800 tahun, sehingga wajar banderol harga bonsai ini tergolong tinggi.

Bonsai Kimeng

Dengan harga mencapai Rp 1 milliar, Bonsai Kimeng masuk dalam daftar tanaman bonsai termahal kelima. Bonsai jenis ini dianggap dapat memberikan efek untuk menghibur atau menghilangkan stress setelah menjalani rutinitas. Bonsai Kimeng termasuk jenis yang diburu oleh kolektor bonsai.

Bonsai Ficus Misrocarpa

Dalam sebuah ajang Festival Bonsai Surabaya pada 2018, hadir tanaman bonsai yang diperkirakan telah berusia lebih dari seabad. Bonsai Ficus microcarpa yang dibanderol lebih dari 1 milliar rupiah merupakan tanaman dari Taiwan yang merupakan milik dari seorang kolektor asal Jakarta.

Bonsai yang berasal dari pohon jenis Ficus microcarpa merupakan pohon yang sebenarnya berukuran besar dan biasa ditemui di dataran tinggi. tersebut tergolong berukuran besar dan banyak tumbuh di dataran tinggi. Membutuhkan waktu puluhan tahun untuk mendapatkan akar hingga bentuk sangat menawan menjadikan harga Ficus microcarpa bernilai tinggi.

Bonsai Chinese Hackberry

Bonsai Chinese Hackberry termasuk salah satu tanaman bonsai tertua sehingga harga tentu melambung tinggi. Bonsai Chinese Hackberry ditaksir lebih dari ratusan juta hingga miliaran rupiah.

Selain berusia mencapai puluhan tahun, Bonsai Chinese Hackberry juga memiliki keunggulan dalam menyesuaikan iklim. Pohon bonsai ini dapat berbunga pada musim semi dan berbuah ketika musim panas hadir. Tentunya membuat sang pemilik menantikan perubahan Bonsai Chinese Hackberry.

Dari tujuh bonsai termahal, kira-kira Sahabat Tani ingin memiliki yang mana?

Related News