• 20 July 2024

Apis Mellifera, Lebah Madu Favorit Peternak

Lebah merupakan serangga penghasil madu dan hanya beberapa jenis lebah saja yang bisa dibudidayakan seperti yang terdapat pada Taman Wisata Lebah Madu Pramuka, Cibubur. Lebah Madu jenis Apis Mellifera merupakan salah satu jenis lebah favorite para peternak karena cukup mudah dalam perawatan serta menghasilkan beragam produk.

Salah satu Intruktur Taman Wisata Lebah Madu Pramuka, Febrian Dwi Fajar menjelaskan bahwa terdapat dua jenis lebah yang menjadi favorite bagi peternak yaitu jenis Trigona dan Apis Mellifera.

“Disini kita ada dua jenis lebah dari keluarga Apis dan keluarga Trigona. Kalau dari Apis kita hanya punya Apis Mellifera aja, sedangkan lebah Cerana juga ada jenis Apis Cerana,” ujar Febrian.

Lebah madu jenis Apis Mellifera ini berasal dari Eropa, yang dinaturalisasi oleh para peternak lebah madu dan siap panen dalam waktu lebih cepat yaitu 10-15 hari. Para peternak menyukai lebah ini karena perawatannya yang mudah dan memiliki ukuran tubuh lebah lebih besar dibandingkan dengan lebah lainnya di Indonesia. Lalu pembudidayaan lebah jenis Apis Mellifera ini menghasilkan banyak sekali produk-produk seperti madu, royal jelly, propolis dan bipolen. Salah satu produk yang dihasilkan yaitu madu, terasa enak dan alami tanpa ada campuran bahan apapun.

“Apis Mellifera ini sebenarnya lebah yang di naturalisasi sebenarnya dia aslinya adalah dari Eropa. Kalau untuk lebah favorite benar sekali, karena memang untuk lebah-lebah ini sangat mudah perawatannya. Lalu yang kedua hasilnya pun lebih banyak karena tubuhnya ini lebih besar dibanding lebah lokal yang berada di Indonesia. Lalu yang ketiga lebah ini menghasilkan produk-produk lebah yang cukup banyak dari madunya, royal jelly nya, bipolennya lalu lilinnya itu lumayan banyak,” tambahnya.

Di dalam satu sarang terdapat koloni lebah dengan jumlah lebah yang sangat banyak. Satu kotak terdapat 10 ribu hingga 30 ribu lebah madu yang sudah terbilang bagus dan siap. Kalau untuk bibitnya ada 8 ribu hinga 10 ribu dalam satu kotaknya. Lebah madu jenis Apis Mellifera ini tidak terlalu agresif dibanding dengan jenis lebah lainnya. Sengatannya pun tidak terlalu sakit sehingga aman untuk dilihat secara langsung oleh pengunjung ketika melihat lebah di Taman Wisata Lebah Madu Pramuka ini.

“Kalau lebah ini bagus, itu diantara 10 ribu hingga 30 ribu lebah dalam satu kotak dalam kondisi yang sudah bagus sekali sudah top banget. Kalau untuk bibit-bibit seperti ini ya kurang lebih 8 ribu hingga 10 ribu lebah,” tutupnya.

Bagaimana, Sahabat Tani ingin mulai budidaya lebah berjenis Apis Mellifera?

Related News