• 24 April 2024

Mengenali Ciri Utama Durian Medan

Saat musim Durian sedang tiba, dipastikan menjadi waktu yang ditunggu oleh peminat buah dengan aroma khas menyengat ini. Setiap durian yang hadir dari berbagai daerah mempunyai ciri khusus sebagai pembedanya, salah satunya pada durian Medan. Jenis durian yang cukup diincar oleh peminatnya.

Durian Medan memang memiliki cita rasa khas sehingga banyak yang mencarinya. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Tio - salah satu supplier Durian Medan. Durian ini di petik langsung di kebun asalnya. Masuk dalam Durian Nusantara, durian asal Medan ini memiliki karakter rasa berbeda seperti perpaduan rasa manis dan sedikit pahit. Berbeda rasa dengan Durian luar negeri hanya mempunyai rasa manis netral.

"Bagi pecinta Durian itu, Durian Medan menjadi salah satu incaran. Karena memiliki rasa pahit di luar rasa manis. Jadi bagi yang suka Durian itu pasti memilih Durian Medan," ujar Tio supplier Durian Medan.

Untuk rasa durian ini memang mempunyai perpaduan rasa manis dan pahit. Bagi yang baru mencicipi Durian akan terasa pahit saat mencicipinya. Tetapi bagi para hobi memakan Durian sudah tidak aneh di lidah mereka. Ketebalan daging pada buah ini tidak terlalu tebal, tetapi ciri khas dari aroma harum serta rasa yang menarik dan membuat penasaran bagi yang belum mencoba.

"Kalo dari bentuk secara garis besar Durian Medan ini lebih kecil dari Durian Jawa dan Pekalongan," tegas Tio saat menjelaskan bentuk."

Selain menjelaskan tentang ukuran, Tio juga menjabarkan ciri utama durian medan. "Untuk ciri saat sudah siap makan, dia matang di pohon dan retak pada ujung pangkal Durian. Kalau saat dipukul Durian itu lebih terasa kosong dan tidak padat. Itu sudah siap makan," ujarnya.

Buah Durian ini mempunyai keistimewaan khusus, tumbuhnya secara natural dibanding dengan Durian varietas dan rekayasa gen. Sebab rekayasa gen sudah tercampur dengan bahan kimia atau obat-obatan agar tumbuh lebih subur.

Durian tidak bisa disimpan terlalu lama, karena akan cepat membusuk. Selain itu, dari segi rasa Durian lokal akan berubah rasa menjadi asam, pahit, dan kadar alkohol akan lebih tinggi apabila terlalu lama tidak di konsumsi. Untuk seluruh Durian lokal hanya bertahan sampai 5 hari. Sedangkan Durian impor apabila di dibekukan dalam pendingin akan bertahan hingga 2 minggu. Tetapi jika dibandingkan, Durian Nusantara lebih segar dari Durian luar negeri.

Related News