• 29 April 2024

Ikan Channa Stress, Simak Cara Penangannya

Ikan Channa, selain memiliki tubuh indah, ikan ini juga bisa diajak main atau berinteraksi dengan pemiliknya. Namun, tentu saja ada cara atau tips melakukannya. Tujuannya karena tak semua ikan Channa akan langsung lincah.

Ikan Channa yang saat ini sedang digemari dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Terbilang agresif dan galak, memang itu julukan untuk ikan ini. Saat diberi makan akan bergerak dengan cepat, tetapi terkadang ada yang hanya diam dan bersembunyi. Biasanya faktor penyebab ikan ini terdiam karena mengalami stres.

Ikan Channa yang biasa di pelihara juga dapat mengalami stres. Kondisi ini biasanya dipicu oleh keadaan di lingkungan akuarium dan kurangnya interaksi. Selain itu, ciri stres pada ikan Channa yang biasa terjadi seperti tidak bergerak aktif dan lebih berdominan diam.

Untuk mengatasi ikan Channa yang stress, Iqbal - penghobi ikan hias memiliki cara agar ikan Channa milik Sahabat Tani tidak stres.

"Untuk perawatan ikan Channa agar tidak stres itu paling utama, jangan terlalu banyak hiasan di akuarium. Karena hiasan itu dapat mengakibatkan air cepat keruh, serta mengakibatkan ikan jadi malas bergerak sering bersembunyi," tegas Iqbal.

Kemudian, untuk akuarium ikan Channa harus menggunakan akuarium yang luas dan lebar dengan ukuran minimal 40 x 25 cm hingga 120 x 50cm tergantung jenis dan ukuran ikan Channa. Aturan pada ukuran akuarium tersebut agar ikan dapat berinteraksi lebih leluasa di dalam akuarium. Penyebab terjadinya ikan channa stres dapat disebabkan akuarium yang terlalu sempit. Selain itu dari pengurasan harus dilakukan sebelum ikan Channa merasa tidak nyaman dan sebelum air keruh.

"Saat menguras akuarium, tidak harus dikuras semua. Tapi cukup mengurangi setengah air saja, agar kadar pH air tidak berubah dan ikan tidak beradaptasi seperti kondisi awal akuarium," ujar Iqbal menjelaskan cara pengurasan akuarium.

Selanjutnya, agar ikan Channa tidak hanya berdiam dan bersembunyi. Luangkan waktu sebagai penghobi ikan untuk berinteraksi secara langsung dengan ikan Channa yang dipelihara. Ini menjadi salah satu tips yang baik, karena secara langsung ikan akan beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

"Ini salah satu hal penting, ajak ikan berinteraksi saat ingin memberikan pakan berupa serangga seperti jangkrik. Kemudian, ajak ikan tersebut layaknya mengajak bermain agar ikan tidak diam dan bersembunyi," tutup Iqbal.

Related News