• 6 May 2024

Bikin Bayi Musang Sehat, Ini Caranya

"Kalau masih kecil, cukup dikasih minum susu setiap 4 jam sekali pake dot. Saat minta, bakal nangis kaya gitu,"

Sahabat Tani, siapa yang hobi memelihara hewan mamalia di rumah? Hewan mamalia yang paling sering diminati untuk dijadikan hewan peliharaan yaitu kucing dan anjing. Selain karena menggemaskan, Kucing dan Anjing paling banyak diminati karena perawatannya yang tidak sulit.

Selain kucing dan Anjing, ada juga loh Sahabat Tani, mamalia yang dapat dijadikan sebagai hewan peliharan dirumah, yaitu Musang. Musang merupakan hewan mamalia yang hidup dimalam hari atau disebut sebagai hewan Nokturnal.

Para penghobi hewan biasanya lebih senang jika merawat peliharaannya sedari kecil atau baby. Alasannya karena agar lebih dapat menyatu dengan kita sebagai pemilik. Jika Sahabat Tani ingin memelihara musang yang masih baby sebagai hewan peliharaan di rumah, Sahabat Tani perlu memperhatikan beberapa hal dibawah ini. Sebelum membahas hal yang perlu di perhatikan sebelum membahas perawatan Musang baby, mari kita simak proses dan masa hamil pada Musang.

Ikhsan salah satu pengurus komunitas Musang Cengkareng mengatakan bahwa, proses perkawinan musang sama dengan Kucing dan Anjing.
"Proses perkawinan Musang, sama kaya Kucing dan Anjing," ungkapnya.

Masa waktu Musang mengandung yaitu, selama 60 hari. Namun kita tidak dapat memprediksi berapa berapa ekor yang berada di kandungan induk Musang. "Hamilnya sekitar 60 harian, cuma kita ga bisa tau berapa ekor yang bakal lahir, kecuali kalau di USG," ujarnya.

Setelah lahir anakan Musang harus diberi penghangatan di dalam kandangnya. Penghangatannya dapat berupa kain sebagai alas tidur anak musang."Kalau masih bayi dia harus anget, cara angetnya ga boleh pake lampu kaya ayam, pake kain buat alas tidurnya," jelasnya.

Jika Sahabat Tani merawat anak Musang saja dan pisah dengan induknya, maka Sahabat Tani harus merawatnya dengan baik. Seperti memberi kehangatan, juga memberi minum susu setiap 4 jam sekali dengan menggunakan botol susu.

"Saat masih kecil, cukup dikasih minum susu setiap 4 jam sekali pake dot, mintanya dia bakal nangis kaya ngerengek gitu," ujarnya sambil tertawa dan menunjuk musang kecil.

Susu yang diberikan pada Musang tidak boleh sembarang. Susu formula yang diberikan harus non lactosa. Agar tidak mengganggu sistem pencernaan pada musang. "Susu sapi bisa, kalo susu formula harus yang non lactosa, karena lactosa itu manisnya buatan, jadi nanti mempengaruhi pencernaan musangnya," jelasnya

Selain itu untuk kebersihan, Musang tidak boleh dimandikan sebelum memasuki usia 4 bulan. "Musang baby tidak boleh dimandikan hingga berusia lebih dari usia 4 bulan," pungkasnya.

Related News