• 4 May 2024

Perawatan Khusus Channa Yellow Sentarum

uploads/news/2022/02/perawatan-khusus-channa-yellow-745347ab78721ee.jpg

"Perawatan khusus jenis ini, harus ada 3 kombinasi untuk mempertahankan warna pada tubuhnya. Dari gen yang bagus, pakan yang di berikan, sama lampu,"

Ikan Channa mempunyai jenis yang berbeda-beda, dan tentunya keunikan serta perawatan yang terdapat pada ikan Channa sendiri berbeda. Ikan Channa Yellow Sentarum mempunyai keunikan pada tubuhnya terdapat motif berwarna kuning.

Ikan Chana jenis Yellow Sentatum cukup populer karena memiliki warna kuning yang sangat cantik dan dihiasi corak bunga berwarna silver di setiap garis bar.

Walaupun jenis ini dijual dengan harga terjangkau, namun ikan ini dapat dilihat dari warna pada tubuh ikan. Jika warna pada ikan tersebut jelas dan bagus tentu harga yang ditawarkan akan fantastis. Perawatan yang diberikan pada jenis ini juga tidak boleh sembarangan.

Apabila gagal merawat, ikan jenis ini akan menghasilkan warna yang pucat, garis bar pada tubuh ikan tidak simetris atau acak - acakan.

Iqbal, penghobi ikan Channa mempunyai tips perawatan jenis Yellow Sentarum. Perawatan pada jenis ini sama seperti jenis yang lain, tetapi ada beberapa perbedaan untuk perawatan ikan Channa Yellow Sentrum. Untuk merawat motif tersebut mempunyai perawatan khusus, tujuannya agar warna pada ikan akan terlihat jelas.

"Untuk jenis ini sekitar 20 sampai 30 centimeter belum terlihat warnanya. Tetapi berjalannya waktu sekitar 2 sampai 3 bulan baru terlihat. Sebenarnya tergantung gen pada ikan itu juga," tegas Iqbal

Kemudian ada perawatan khusus pada ikan Channa Yellow Sentarum, seperti memperjelas warna, garis, dan bintik bunga pada tubuh ikan.

"Bisa pake daun ketapang caranya ada 2, direbus dulu baru diambil airnya, bisa juga daun ketapang langsung dimasukan ke akuarium. Setelah itu butuh waktu sampai ikan bermutasi warna yang pekat dari sebelumnya, dan menghasilkan warna yang maksimal," jelasnya

Selain itu, terdapat beberapa pakan yang digunakan oleh Iqbal untuk merawat ikan channa jenis Yellow Sentarum ini.

"Menurut saya, kalo untuk pakannya sangat berpengaruh. Yang paling berpengaruh itu udang saya kasih seminggu sekali, terus sama pelet. Kemudian, kasih lampu 24 jam non stop agar maksimal dalam proses pembentukan warna ikan," ujarnya

Gen atau sifat bawaan berpengaruh pada warna yang dihasilkan, apabila gen tersebut bagus tentu menghasilkan anakan yang bagus juga. Dengan cara mengkombinasikan gen, makanan, dan cahaya dapat menghasilkan ikan jenis ini berwarna cerah dan terang.
“Biasanya ikan jenis ini sering dibuat kontes. Kalo ngerawatnya telaten bisa menang kontes. Yang di nilai saat kontes itu warna mata, warna badan, kerapihan bar, dan banyaknya bunga di setiap garis bar,” tutup Iqbal

Related News