• 5 May 2024

Memilih Hingga Memelihara Sugar Glider Pemula

“Bertubuh mungil namun dapat melompat tepat ke sasaran, Sugar Glider begitu mempesona. Dengan beragam jenis, Sugar Glider Classic Grey paling cocok untuk pemula dengan harganya relatif murah juga,"

Sugar Glider saat ini sedang tren untuk dipelihara. Hewan ini punya banyak jenis yang dapat dibedakan dari warna dan corak. Selain menjadi pilihan sebagai hewan peliharaan yang menggemaskan sebab memiliki ukuran yang kecil dan penampilan yang lucu. Mereka dapat meluncur dan terbang dengan menggunakan selaput di antara kaki depan dan belakang.


Hal paling utama bagi pemula yang ingin dan belum memelihara pelajari dulu tentang hewan ini, harus mengetahui jenis dan tentu saja harga. Simak penjelasan Indah tentang jenis Sugar Glider yang bagus untuk pemula.


"Kebanyakan dipasaran, paling umum Sugar Glider jenis Classic Grey karena sudah banyak peternaknya juga, jadi lebih mudah dicari untuk pemula. Sebenernya bisa nyoba jenis yang lain, tapi kebanyakan pemula lebih meminati memelihara jenis Classic Grey. Dari segi harga memang lebih murah dibanding jenis lainnya, sekitar 300 - 500 ribu. Untuk jenis lain bisa lebih dari harga itu ," ujar Indah - penghobi Sugar Glider.


Jenis ini mempunyai warna yang tidak terlalu terang dan cocok untuk pemula. Tetapi bukan berarti berwarna gelap sebagai pemelihara melalaikan kebersihan pada hewan menggemaskan ini, kebersihan kandang harus tetap dijaga.


Sugar Glider ini mempunyai karakter bersosialisasi dengan pemiliknya, namun jika pemilik jarang berinteraksi secara langsung hewan ini menjadi penakut dan pemalu. Seringkali ia akan menggigit ketika belum akrab dengan pemiliknya. Biasanya jika ia merasa takut akan mengeluarkan suara atau crabing.


"Pemula dapat memulai memelihara Sugar Glider sejak umur 1 atau 2 bulan, kalo dari kecil nanti besarnya udah jinak. Umur segitu juga rentan mati kalo gak bisa ngerawat. Tapi kalo mau nyoba dulu buat pelihara bagusnya umur 5 sampai 6 bulan itu udah jinak," sambil memberikan makan.


Saat pertama kali dipelihara, hewan jenis ini perlu waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan. Tidak hanya sekedar berinteraksi, tetapi memberikan dia tempat untuk bermain di dalam kandang agar hewan ini tidak sering bersembunyi. Tidak sedikit yang memelihara hewan ini mati, karena tidak bisa merawatnya dengan benar.


"Untuk makan sebaiknya sehari itu 3 kali, dengan sistem selang seling kadang buah kadang bubur bayi, gak boleh berlebihan juga takutnya bisa obesitas. Saat ngerawat itu harus sering interaksi sama hewannya biar gak takut sama gak galak. Terus kalo bisa naro hewannya itu jangan dibawah, tapi digantung kalo dibawah pasti kucing selalu nyamperin. Gak usah dimandiin paling di lap aja pake tisu basah," tutupnya

Related News