• 19 April 2024

Mengetahui Kebiasaan Unik Hamster Saat Makan

uploads/news/2022/02/mengetahui-kebiasaan-unik-hamster-824485208c38099.jpg

Sahabat Tani, setelah mengenal hamster tentunya kita juga perlu mengetahui makanan jenis apa yang baik untuk hewan satu ini dan kebiasaan unik saat makan. Tidak perlu makanan yang khusus tetapi tentunya harus memiliki pola makan demi menjaga hamster agar tetap sehat.


Hamster merupakan hewan pemakan segala tetapi yang paling utama adalah biji-bijian lebih disukainya. Makanan burung yang mengandung banyak biji- bijian juga baik untuk hamster serta suplemen tambahan seperti makanan kucing agar asupan gizi bagi hamster lebih bervariasi dan tidak membosankan.


“Untuk makanan yang diutamakan biji-bijian, kayak makanan burung juga bisa seperti milet, kuaci, kacang hijau, beras juga bisa beras merah sama beras ketan. Bisa juga ada semacam tambahan makanan kucing, sebenarnya hamster pemakan segalanya juga sih kayak makan sayuran bisa, ulet-ulet Hongkong. Tetapi yang biasanya nggak dia makan cuma kita jadiin sebagai suplemen tambahan saja, dalam isi makanan 800gr ya cuma 5gr yang buat makanan tambahannya,” ungkap Eka.


Menurut Eka, pemilik toko Om Hamster memberi sayuran setiap hari tidak baik untuk hamster karena akan menyebabkan penyakit pada saluran pencernaan hewan tersebut. Tentu karena hewan pengerat ini lebih menyukai biji-bijian.

Hewan satu ini juga memiliki kebiasaan unik saat makan, hamster suka menyimpan makanan di dalam kantung pipi lalu menyimpannya di bawah alas kandang. Biasanya ia akan memakan makanannya secara diam-diam saat semua temannya sudah kebagian makanan.


“Hamster suka ngumpulin makanan di dalam mulutnya sampai penuh, biasanya sih untuk menyimpan cadangan makanan nanti pasti dikeluarin lagi dari mulutnya. Apalagi kalau dalam satu kandang ada banyak hamster, nah makanan itu nggak langsung dimakan tetapi di simpan dulu. Saat semua teman-temannya yang lain sudah kebagian makanan baru hamster mulai menyendiri dan mengeluarkan makanan dari mulutnya itu,” kata Eka penjual hamster.


Hamster termasuk hewan kanibal ia akan memakan anaknya yang terlahir cacat, sakit atau mati. Induk hamster tidak akan membiarkan anaknya hidup cacat dan akan langsung memakan anaknya ketika lahir. Maka dari itu jarang ditemukan hamster yang cacat dalam usia satu hingga dua bulan.


“Kalau hamster sekali beranak bisa delapan ekor. Namun terkadang ada hanya hidup dua, tiga ekor saja. Biasanya ada yang cacat atau sakit sehingga induknya langsung memakan anaknya yang cacat atau mati karena induknya tidak mau membiarkan anaknya hidup dalam keadaan cacat. Hamster juga jarang banget ditemuin ada yang cacat untuk usia satu dua bulan,” ungkap Eka.


Saat temannya mati dan sudah menjadi bangkai hamster juga menganggap bahwa bangkai itu adalah mangsa dan bukan lagi teman sejenisnya ia akan langsung memakan bangkai itu hingga habis secara ramai-ramai.


“Kebanyakan kalau kanibal itu, bukan saat hamster tersebut masih hidup terus dimakan, hanya yang sakit atau mati saja. Mungkin karena mereka berpikir kalau baunya sudah beda itu pasti mangsa,” pungkasnya.

 

Related News